Peta kerusakan bangunan akibat gempa bumi Manokwari 7 Januari 2009. Sumber: geospasial.bnpb.go.id

SKPD Wajib Akomodasi Rencana Aksi Penanggulangan Bencana

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manokwari akan secepatnya mengupayakan agar Rencana Aksi Daerah (RAD) Penanggulangan Resiko Bencana (PRB) dapat terakomodir dalam program kerja setiap SKPD dilingkungan Pemda Manokwari.

Kepala BPBD Manokwari, Raymond Yap mengatakan, penyusunan dokumen RAD akan segera final. Setelah diajukan kepada Bupati Manokwari untuk ditetapkan sebagai dokumen daerah, kemudian akan didorong sebagai program kerja setiap SKPD mulai tahun anggaran 2015.

“Pembahasan APBD 2015 tinggal menghitung hari, karena kita saat ini sudah berada di bulan terakhir 2014, kami akan kejar karena menurut kami RAD ini harus terakomodir dalam APBD 2015,” kata Raymond.

Dalam dokumen Rencana Aksi Daerah PRB Manokwari ini, seluruh SKPD sudah terakomodir dan wajib untuk memasukan program menurut bidang kerja masing-masing.

Jika bupati telah menetapkan dokumen tersebut, BPBD dalam waktu dekat melalui pengantar dari Bupati akan menyurati seluruh SKPD dengan melampirkan bidang kerja masing-masing SKPD. “Kami sudah koordinasi dengan sekda, DPRD maupun Bappeda,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, dokumen RAD ini Kamis lalu telah diuji ke publik bersama melibatkan sejumlah stakeholder yang ada di Manokwari. Banyak masukan muncul dalam workshop untuk memboboti dokumen RAD tersebut.

Manajer Proyek dari Yakum Emergency Unit (YEU) Eli Sunarso sebelumnya menjelaskan, RAD ini merupakan langkah teknis Manokwari terkait upaya penanggulangan resiko bencana di daerah ini baik gempa bumi, tsunami, longsor maupun banjir yang mengintai daerah ini.

Dokumen ini disusun sebagai tindak lanjut dari Renstra PB dan PRB yang telah dibuat sebelumnya. Dengan pelibatan multisektoral yang ada di Manokwari, diharapkan Manokwari lebih tangguh dalam menghadapi bencana yang setiap saat bisa terjadi ini. |TOYIBAN

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

 

Tinggalkan Balasan