Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu mengeluarkan larangan agar pemerintah tidak menggunakan hotel untuk menggelar kegiatan. SKPD di Manokwari dilarang menganggarkan pelaksanaan kegiatan di hotel dalam RAPBD 2015.

SKPD di Manokwari Dilarang Anggarkan Kegiatan di Hotel

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com – Bupati Manokwari Bastian Salabai melarang SKPD menganggarkan pelaksanaan kegiatan di hotel dalam RAPBD 2015. Hal ini sejalan dengan instruksi KemenPAN-RB yang melarang PNS berkegiatan di hotel sebagai upaya penghematan anggaran negara.

Bupati menilai langkah yang diambil pemerintahan Jokowi-JK melarang kegiatan di hotel sebagai sesuatu yang positif dalam rangka efisiensi.

“Untuk itu semua SKPD untuk tidak menganggarkan kegiatan di hotel dalam APBD 2015, tapi lakukan di fasiltias pemerintah saja. Sehingga di satu sisi kita hemat biaya, tapi di sisi lain kita juga mengamankan petunjuk dari pemerintah pusat, “ tandas Salabai di sela-sela kunjungan ke Distrik Masni, Selasa (16/12/2014).

Salabai mengakui, Pemkab Manokwari belum mempunyai gedung yang memadai untuk menggelar kegiatan skala besar dengan jumlah peserta yang banyak. Namun hal itu menurut dia, tidak lantas dijadikan alasan untuk mengalihkan kegiatan ke hotel-hotel berbintang.

“Tapi kita kan punya Gedung Wanita (di Jalan Percetakan Negara) yang memungkinkan jika kegiatan itu mendatangkan banyak peserta. Jadi saya imbau kepada setiap SKPD mari kita manfaatkan Gedung Wanita,” ucap Bupati.

Sekedar diketahui, sebelumnya Wakil Bupati Roberth KR.Hammar kepada pers mengatakan, Pemda akan menerapkan aturan pelarangan kegiatan di hotel secara fleksibel. Ada kegiatan-kegiatan tertentu yang tetap bisa dilakukan di hotel dengan syarat kegiatan tersebut memang berskala besar yang membutuhkan tempat yang representatif.

Sesuai pantauan, sampai pertengahan Desember ini, masih ada SKPD di lingkup Pemkab Manokwari yang tetap melakukan kegiatan di hotel. Beberapa hari lalu misalnya, ada dua kegiatan yang dilakukan di hotel Holiday Park. |ZACK TONU BALA

EDITOR: PATRIX BARUMBUN TANDIRERUNG

Tinggalkan Balasan