Masyarakat Ekonomi Asean

SKPD Harus Proaktif Terhadap Rencana Kerjasama Negara Asia Pasifik

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Rencana kerjasama pemerintah Provinsi Papua Barat dengan negara-negara asia pasifik melalui kementerian luar negeri masih sebatas wacana.

Hal ini nampak terlihat dari belum adanya jawaban yang pasti dari kementerian luar negeri terkait produk-produk unggulan Papua Barat yang akan dipromosikan ke luar negeri.

“Kami masih perlu merapatkan kembali dengan kementeian luar negeri, meskipun beberapa waktu lalu sudah dilakukan pertemuan dengan kemenlu guna melihat potensi produk unggulan di Papua Barat,” kata Asisten III Fransiskus Kosamah kepada wartawan di Swiss Belhotel Manokwari, Kamis (8/10/2015).

Dikatakan Kosamah, potensi produk unggulan yang dimasksud yaitu produk-produk dibidang perdagangan, pariwisata, kebudayaan, perikanan dan kelautan, dan sebagainnya. Selain itu juga dalam kerja sama itu direncankan ada kerjasama bantuan sosial.

Setelah dilakukan pertemuan awal, Kosamah mengungkapkan perlu adanya proaktif dari masing-masing SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) untuk terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, supaya 2016 sudah bisa mempromosikan produk unggulan yang ada di Papua Barat.

“Umpamanya dari perdagangan itu mungkin melakukan pameran di sana (di negara-negara asia pasifik),” kata Kosamah.

Dijelaskan kembali oleh Kosamah, kerjasama yang digagas oleh kementerian luar negeri ini bertujuan untuk menjalin hubungan baik antara pemerintah Indonesia dengan negara-negara asia pasifik. Dalam hal berbagai bidang untuk meningkatkan harmonisasi anar negara-negara ini.

Ia menambahkan, direncankan pada akhir bulan Oktober ini pemprov akan mengikuti pameran vestifal kebudayaan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pemprov akan segera rapatkan untuk mengikuti festival tersebut. |DINA RIANTI|BUSTAM