Kepala SMK 3 Manokwari George TG Gaspersz

SMK 3 Manokwari kebanjiran pesanan tenaga kerja

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Manokwari, Papua Barat, kebanjiran pesanan tenaga kerja dari sejumlah hotel di wilayah tersebut.

Kepala SMK 3 Manokwari George TG Gaspersz di Manokwari, Selasa, mengatakan, pihaknya akan terus mencetak sumber daya manusia yang siap bekerja.

“Bapak Presiden Joko Widodo menjadikan sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas pembangunan. Ini kesempatan bagi kami, karena kami memang fokus mencetak SDM pariwisata,” kata dia.

Sejak berdiri beberapa tahun lalu, sekolah tersebut sudah mencetak lebih dari 300 lulusan yang siap bekerja. Setiap tahun pihaknya menerima pesanan baik dari hotel yang ada di Manokwari maupun daerah lain di Papua Barat.

“Swissbelhotel dan Aston Neu Manokwari selalu meminta tenaga kehotelan dari kami. Beberapa waktu lalu ada siswa kami melaksanakan tugas PPL di Raja Ampat, mereka langsung diminta tapi saya belum ijinkan karena baru kelas 2,” katanya.

Dia menjelaskan, SMK 3 memiliki beberapa jurusan diantaranya tataboga dan beberapa jurusan lain untuk mendukung pengembangan pariwisata di daerah.

George memastikan, seluruh lulusan dari sekolah tersebut bisa langsung bekerja setelah menuntaskan pendidikan. Terbukti, lulusan sekolah tersebut saat ini tersebar di sejumlah hotel dan sebagian menjalankan usaha kuliner.

“Pihak hotel senang, karena anak-anak kami tidak perlu diajari lagi. Mereka sudah belajar selama tiga tahun di sekolah dan itu cukup menjadi bekal bagi mereka untuk bekerja,” ujarnya lagi.

Meski terbukti mampu mencetak tenaga kerja siap kerja, namun minat masyarakat belum cukup besar untuk mensekolahkan anak-anak mereka ke sekolah tersebut. Namun demikian hal itu tidak membuat George berkecil hati.

“Kami mengutamakan kualitas, biar murid kami sedikit tapi saya pastikan mereka berhasil. Mau dua atau tiga orang dalam satu kelas saya akan ajar mereka hingga lulus dan mendapat pekerjaan,” pungkasnya. (ibn)

Tinggalkan Balasan