Ilustrasi. Foto: Ist

Soal Fraksi di DPRPB, PAN Belum Bersikap, PKB Gabung ke Poros KIH

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com–Partai Amanat Nasional (PAN) Papua Barat masih akan mempelajari dinamika politik di Papua Barat sebelum menentukan akan bergabung dengan partai apa dalam membentuk fraksi di DPR Papua Barat.

Wakil Ketua DPW PAN Papua Barat Yosias Saroi mengatakan, partainya tidak akan kaku menjalin komunikasi politik dengan partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih maupun Koalisi Indonesia Hebat.

“Perkembangan politik di Papua Barat selalu dinamis. Kami juga masih menunggu petunjuk dari DPP,” kata Yosias di kantor DPR Papua Barat Jalan Siliwangi, Rabu (29/10/2014). Ia mengaku sejauh ini PAN belum menjalin komunikasi dengan partai apapun.

PAN berhasil meraih 4 kursi di DPR Papua Barat dalam Pileg April lalu dari Daerah Pemilihan 1, 2, 3 dan 4. PAN masih membutuhkan sekitar 3 kursi untuk membentuk fraksi karena jumlah kursi 1 fraksi sekitar 7.

Secara terpisah Koordinator Wilayah Partai Keadilan Bangsa (PKB) Papua Barat Sanusi Rahaningmas mengatakan, PKB kemungkinan besar akan gabung ke partai yang masuk dalam Koalisi Indonesia Hebat dalam membentuk di DPR Papua Barat.

Ia mengatakan meski DPP PKB tidak memberi petunjuk soal arah membangun fraksi kepada daerah, namun PKB Papua Barat menurutnya tetap berkomitmen membentuk fraksi dengan Koalisi Indonesia Hebat.

“Kami di DPR-PB ada 3 kursi, sehingga jelas kami tidak bisa membentuk fraksi mandiri. Kami harus bergabung dengan partai lain. Dan sejauh ini sudah ada beberapa yang meminta, tapi kami belum memberi jawaban,” katanya.|TOYIBAN

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan