Pilkada serentak 2015

Soal Logistik Pilkada, Panwaslu Ingatkan KPU Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Panwaslu Manokwari mengingatkan KPU Manokwari agar tidak mengabaikan mekanisme pengadaan logistik Pilkada.

“Sesuai Peraturan Bawaslu Nomor 12 Tahun 2015, Panwaslu wajib mengetahui seluruh tahapan dan proses terkait pengadaan logistik Pilkada. Untuk itu kami harap KPU dapat berkoordinasi,” kata anggota Panwaslu Manokwari, Paskalis Borlak, Rabu (4/11/2015).

Menurut Paskalis, pengawasan ini belum maksimal pada saat pengadaan logistik tahap pertama yang meliputi alat peraga kampanye kandidat. Ini diakibatkan minimnya koordinasi antara KPU dan Panwaslu.

“Wajib bagi KPU melibatkan Panwaslu untuk awasi logistik mulai dari jumlah, waktu, dan tempat pencetakan. KPU tidak bisa berjalan sendiri,” kata dia.

Selain itu, Paskalis menambahkan, Panwaslu saat ini secara teratur mencermati data pemilih tambahan. “Kita berharap tidak ada perubahan data pemilih yang signifikan. Pencermatan dilakukan melalui pengecekan data sistim by name dan nomor induk kependudukan (NIK),” katanya. |RASYID FATAHUDDIN