Ilustrasi peta Papua. | Aktual

Soal Parpol Lokal, Ini Pendapat Jack Wanggai

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—– Juru bicara Negara Federasi Republik Papua Barat (NRFPB), Jack Wanggai mengatakan idealnya untuk membentuk partai politik lokal di Papua dan Papua Barat diawali dengan dialog Jakarta-Papua.

“Jauh lebih baik menghadirkan partai lokal di Papua dan Papua Barat diawali melalui dialog Jakarta-Papua. Kita sudah tahu, pemerintah pusat itu bicara lain, tulis lain, dan kerjakan lain,” kata Jack Wanggai akhir pekan lalu.

Menurutnya, dialog merupakan cara elegan untuk bisa mengkritisi pemerintah, jika pemerintah keluar dari kesepakatan-kesepakatan yang dicapai dalam pelaksanaan dialog tersebut. “Jika tidak rakyat Papua akan ditipu. Karena sudah 50 tahun, itu sudah cukup pengalaman,” ujar Jack Wanggai.

Dalam pandangannya, Jack Wanggai mengemukakan sudah ada langkah maju untuk mendorong hadirnya parpol lokal. Itu bisa dilihat dengan kehadiran wakil rakyat yang dilantik melalui mekanisme pengangkatan.

Instrumen ini penting untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat, bahwa kursi Otsus bisa mengakomodir persoalan-persoalan yang dihadapi oleh rakyat Papua.

“Perdasus tentang pembentukan parpol lokal sangat emergensi karena sudah diatur di dalam UU Otsus. Sudah berjalan hampir 14 tahun tapi, belum ada parpol lokal. Khusus di Papua Barat ini adalah sebuah kebutuhan urgen (penting),” ungkapnya.

Jack Wanggai menambahkan, parpol lokal akan memainkan peran, fungsi serta tugasnya merekomendasikan caleg bahkan juga kepala daerah di tingkat provinsi, kabupaten, kota.

“Perlu disikapi untuk merumuskan legitimasi hukumnya oleh DPR Papua Barat dan gubernur. Ini dilakukan dengan membuka ruang komunikasi yang baik. Parpol bisa jadi satu alat politik untuk bisa menyampaikan aspirasi untuk ditindaklanjuti kepada,” imbuhnya. |CR-73

Tinggalkan Balasan