Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Mansel, Asrul Filep.

Soal wajib KTP, data KPUD beda dengan Dispendukcapil

RANSIKI, Cahayapapua.com–– Demi suksesnya pemilihan presiden dan pemilihan legislatif 2019 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manokwari Selatan siap memberikan dukungan penuh kepada pihak penyelenggara pemilu dalam hal ini KPUD.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Mansel, Asrol Filep saat menghadiri uji publik pembagian dapil oleh KPU di ruang pertemuan Klasis GKI Ransiki, beberapa waktu lalu.

Disampaikan bahwa, untuk memastikan para wajib pilih bisa menggunakan haknya, maka perlu adanya kerja sama oleh semua pihak terkait, dengan demikian setiap kemungkinan masalah bisa diminimalkan.

Filep menyampaikan bahwa penduduk Manokwari Selatan yang sudah wajib memiliki KTP, ada sebanyak 30. 282 jiwa, dengan demikian pada penetapan daftar pemilih tetap nantinya agar di lakukan komunikasi yang intens untuk memastikan semuanya sudah terdaftar.

“Masing-masing distrik harus segera berkoordinasi dengan kami terkait dengan DPT-nya, terkait dengam sinkronisasi data, siapa tau masih ada warga yang sudah berhak menyalurkan suaranya tapi belum terkover dalam DPT,” terangnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan Eli Kartika Sembor yang di temui diruang kerjanya mengaku, di waktu tersisah menuju pelaksanaan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif mendatang, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjangkau semua wajib KTP dengan melakukan perekaman.

Adapun upaya yang akan dilakukan adalah sistem jemput bola ke masing-masing distrik. Rencananya aku dia, proses perekaman tersebut akan dilakukan pada akhir Februari ini, dan waktu yang akan disediakan satu minggu untuk masing-masing distrik.

“Untuk perekaman tahun lalu memang kita sudah lakukan, cuma belum maksimal, dan tahun ini kita akan lanjutkan lagi,” tambahnya.

Terkait jumlah penduduk keseluruhan di Kabupaten Manokwari selatan, Eli mengaku belum bisa memberikan informasi secara pasti.

Namun sesuai data yang dihimpun media,  data penduduk Mansel yang diserahkan oleh KPU Pusat ke KPUD Manokwari Selatan sebanyak 34. 009 jiwa. Data tersebut dipaparkan KPU saat melakukan uji publik pembagian dapil, beberapa waktu lalu.

Sementara data penduduk Manokwari Selatan yang masuk ke BPJS sekitar 42 ribu lebih, sesuai dengan data yang di paparkan oleh pihak BPJS saat melakukan pertemuan dengan Pemkab Mansel beberapa waktu lalu. Sedangkan data penduduk wajib KTP menurut dinas kependudukan sebanyak 30. 282 jiwa. (ACM)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: