Jambore Pramuka Nasional 2016

Sorong dan Bintuni Kirim Puluhan Peserta ke Jambore Nasional

SORONG, CAHAYAPAPUA.com – Sedikitnya 33 peserta putra-putri terbaik Kota Sorong akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) pramuka di Cibubur Jakarta, pada tanggal 12 sampai 20 Agustus 2016.

Ketua Panitia Pelaksana Jambore Pramuka Cabang Sorong, Hasan Yusuf Matani mengatakan, putra-putri yang akan dikirim dalam Jamnas tersebut berasal dari 20 gugus depan pada sejumlah Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di daerah itu.

“Hasilnya yang terseleksi 33. Sebenarnya ada 31 gugus depan tapi yang mewakili hanya berasal dari 20 gugus depan,” terang dia.

Dalam menyeleksi putra-putri untuk ke Jamnas, Hasan mengaku pihaknya melihat dari keaktifan anak dalam mengikuti kegiatan pramuka serta cerdas dan terampil.  “Kita seleksi dengan baik,” tambah dia.

Adapun anggaran yang dikeluarkan untuk kegiatan Jamnas berasal dari Pemerintah Kota Sorong.

Secara terpisah Bupati Kabupaten Teluk Bintuni Petrus Kasihiw Senin lalu resmi melepas Kontingen Kwartir Cabang Pramuka 3309 dari Buntuni juga untuk mengikuti tersebut.

Kontingen terdiri dari 32 putra putri dari sejumlah sekolah tingkat menengah (SMP) yang ada di Bintuni yang akan didampingi 2 orang putra dan 2 orang putri senior serta kemanan dan tim medis.

“Kakak berpesan agar segala seuatu yang telah dipersiapkan dan ade-ade dibina agar itu dipertahankan dan dijaga dengan baik begitu sampai ditempat jambore.

Segala sesuatu perlu mendapat petunjuk dan arahan. Jangan sampai ada yang keluar dari aturan-aturan yang sudah diterapkan oleh kakak pembina. Karena itu demi keselamatan, kenyamanan agar pelaksana jambore kalian berhasil yang baik,” pesan bupati.

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka 3309 Bintuni Edi S. Bekti, mengatakan peserta diambil dari beberapa gugus depan (Gusdep) yang telah diseleksi oleh masing-masing sekolah.

Sebelum dikirim peserta telah dikarantina selama dua minggu di Arena karantina kontingen di SP 3, Distrik Manimeri.

“Tujuan dari karantina ini untuk pemantapan dan pembuatan tenda standar yang baik, karena pembuatan tenda juga termasuk dalam penilaian Jamnas,” katanya.

Selain itu, pemantapan ini juga bertujuan untuk mengakrabkan sesama peserta. Sekaligus untuk mendidik mental, karena peserta Jamnas ini akan diikuti oleh 20 ribu anggota pramuka dari 33 provinsi se Indonesia. (NSR/ART)

Tinggalkan Balasan