Kantor Bupati Sorsel

Sorong Selatan Siapkan Motor dan Perahu Bermesin untuk Kepala Kampung

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan telah mendatangkan puluhan motor dan body perahu bermesin 40 PK untuk disalurkan kepada seluruh kepala kampung sebagai bagian dari upaya mempermudah layanan pemerintah kepada masyarakat di kabupaten tersebut.

Pantauan Cahaya Papua puluhan motor yang dianggarkan dalam APBD Sorong Selatan tahun 2015 tersebut telah di parkir di Teminabuan tepatnya halaman kantor Bupati Sorong Selatan.

Kepala Bagian Pemerintahan Kampung dan Kelurahan Kabupaten Sorong Selata James I Tipawael mengatakan, seluruh bantuan bagi kepala kampung di daerah tersebut berjumlah 77 motor dan 58 bodi perahu yang dilengkapi mesin berkapasitas 40 PK.

“Motor akan diserahkan kepada kampung yang memiliki akses darat sementara bodi perahu dan mesinnya akan diserahkan kepada kampung yang tidak bisa dilalui lewat darat,” kata James di kantornya, Senin (1/2).

James mengatakan pengadaan alat transportasi bagi kepala kampung ini merupakan program Pemda Sorsel yang dianggarkan melalui Bagian Pemerintahan Kampung dan Kelurahan menggunakan APBD tahun 2015.

Ia mengatakan pengadaan kendaraan dinas ini dianggap sangat perlu untuk mengatasi tingkat kesulitan para aparat kampung dalam melaksanakan tugas koordinasi pemerintahan mengingat selama ini kepala kampung sangat kesulitan melakukan koordinasi karena sulitnya transportasi dan berbiaya mahal.

“Pengalaman selama ini apabila mereka datang ke distrik maupun ke kabupaten, mereka harus mengeluarkan biaya transportasi paling murah Rp. 200 ribu pergi-pulang. Bahkan untuk kampung yang terjauh bisa memakan biaya transportasi mencapai Rp. 1 juta,” ungkapnya

Ia menjelaskan pemda menyediakan secara langsung kendaraan roda dua sementara transportasi laut dan mesinnya diserahkan langsung kepada para kepala kampung bersangkutan untuk memesannya melalui biaya yang telah disediakan. |NASIR