Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan CPNS Sorong Selatan.

Sorsel Janjikan Rumah bagi Guru dan Perawat

TEMINABUAN, Cahayapapua.com—– Bupati Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli, berjanji akan membangun perumahan guru dan perawat di setiap distrik maupun kampung. Pasalnya hingga kini masih banyak para guru maupun perawat kesulitan tempat tinggal. Padahal keberadaan mereka sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Sesuai dengan visi misi pemerintah Sorsel, lima tahun ini kita akan berupaya untuk membangun sarana rumah dinas bagi tenaga guru dan perawat di distrik maupun kampung tempat mereka bertugas,” kata Samsudin saat menjawab pertanyaan salah satu peserta pra jabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di aula Hotel Meratua, Senin (15/8/2016).

Menurut Samsudin, sangat ironis apabila siswa Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang telah menyelesaikan studinya namun belum bisa membaca. Semua ini disebabkan karena keberadaan guru yang kurang maksimal dalam menjalankan tugas.

“Guru jarang ada di tempat tugas, ya ini karena mereka tidak mempunyai tempat tinggal, maka itu kita akan siapkan sarana dan prasarananya agar mereka betah,” pungkasnya.

Apabila semua kebutuhan sarana dan prasarana telah disediakan namun para guru dan perawat tidak berada di tempat tugas, lanjut Samsudin, dirinya akan memberikan sanksi tegas kepada oknum-okunum yang malas bertugas.

Dalam pemerintahan lalu, diketahui terdapat pegawai negeri sipil yang bertugas di daerah pedalaman Sorsel sering meninggalkan pekerjaan tanpa alasan jelas. Sehingga dibawa pemerintahan Bupati Samsudin Anggiluli dan Martinus Salamuk, mereka berdua mencoba untuk merubah sistem yang ada agar memajukan pendidikan dan kesehatan di Sorong Selatan.

Sebelumnya, salah satu peserta Pra Jabatan CPNS, Ronal mengeluhkan tempat tinggal tenaga pendidik, karena selama satu tahun bertugas di kampung, Ronal dan rekan-rekannya kesulitan tempat tinggal.

“Pak kami selama ini masih kesulitan tempat tinggal, kalau bisa pemerintahan kali bangun rumah kami agar kami bisa bekerja dengan baik,” ujar Ronal. (NSR)

Tinggalkan Balasan