Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Sport Center Papua Barat mulai dibangun 2018

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Gubernur Papua Barat Domunggus Mandacan akan mewujudkan pembangunan sport center atau pusat olahraga di daerah tersebut pada tahun 2018.

Ditemui di Manokwari, Rabu (18/10/2017) Dominggus mengatakan, sport center akan dibangun di Kampung Susweni, Manokwari. Kajian dan perencanaan pembangunan sudah disusun.

Dia menyebutkan, pembangunan tersebut sudah direncanakan oleh gubernur Papua Barat sebelumnya. Pembangunan belum bisa terlaksana karena terkendala masalah keterbatasan anggaran.

Disampaikan, PON XX tahun 2020 akan dilaksanakan di Papua. Ia berharap sebagian cabang olahraga bisa digelar di Papua Barat. “Kita siap mendukung dan memfasilitasi tempat pelaksanaan PON. Kalau sarana dan prasarana di Papua kurang, kita bisa gunakan sport center Papua Barat,” sebutnya.

Ia berharap, peletakan batu pertama sport center Papua Barat dilakukan 2018 dan seluruh pembangunan tuntas pada 2020. Kehadiran pusat olahraga sangat dibutuhkan untuk menunjang upaya daerah dalam mencetak atlet berprestasi. Di sport center itu, akan dibangun stadion sepakbola, sarana untuk seluruh cabang atletik, lapangan futsal dan gedung olahraga lain. “Papua Barat punya banyak potensi olahraga. Banyak pemain dari berbagai cabang olahraga dari sepakbola, futsal, tinju hingga dayung,” katanya.

Ia menginginkan, sepakbola bangkit di seluruh daerah, termasuk Perseman Manokwari yang pernah berjaya di tahun 1990-an.

Menurutnya, Perseman harus bangkit  sebab banyak pemain sepakbola muda yang membutuhkan wadah. Disisi lain, masyarakat rindu akan menampilan Perseman pada ajak sepakbola nasional. (IBN)

Tinggalkan Balasan