Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Papua Barat, Stepanus Selang.

Stepanus Selang : Koperasi yang Tidak Aktif Akan Dibubarkan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Papua Barat, Stepanus Selang menegaskan, badan usaha koperasi yang tidak aktif mulai tahun ini akan dibubarkan.

Stepanus yang ditemui di ruang kerjanya Senin (22/2/2016) mengatakan, pembubaran badan usaha koperasi yang dinyatakan tidak aktif tidak akan dimasukan dalam sistem pelaporan data base koperasi di kementerian Koperasi dan UMKM di Jakarta.

“Yang kita laporkan ke kementerian, itu hanya koperasi aktif, sedangkan koperasi yang tidak aktif ini, pemerintah kabupaten/kota, sesuai kewenangannya itu, dibubarkan saja,” ujar Stepanus.

Ia mengatakan, telah memberikan petunjuk kepada dinas koperasi di kabupaten/kota agar dapat mengumumkan nama-nama koperasi yang tidak aktif kepada pemerintah distrik dan kelurahan, agar diketahui oleh masyarakat setempat.

Setelah diumumkan daftar nama koperasi yang tidak aktif itu, lanjut Stepanus, akan diberikan waktu komplain selama satu bulan, kepada koperasi yang namanya tercantum dalam daftar kopersi tidak aktif.

“Apabila tidak ada komplain dari pengurus Koperasi, maka, akan diterbitkan Surat Keputusan (SK) pembubaran koperasi dimaksud, kalau dikomplain mau diaktifkan kembali, yah silahkan, tapi kita tidak masukan kedalam database laporan koperasi aktif,” ujar Stepanus.

Saat ini, koperasi aktif, kata Stepanus tersisa 60 persen dari jumlah koperasi yang terdaftar, sementara 40 persen kopersi telah dinyatakan tidak aktif.

“Ini nanti berkaitan dengan penerbitan nomor induk koperasi bagi koperasi aktif, koperasi aktif, itu koperasi yang dinyatakan aktif menjalankan usaha-usaha koperasi dan aktif menjalankan Rapat Anggota Tahunan (RAT), setiap tahunnya,” sebut Stepanus.

Bagi koperasi yang mendapatkan bantuan yang sumber anggarannya dari kementerian koperasi, wajib melaksanakan RAT. Karena RAT merupakan rapat tertinggi dalam struktur pengambilan keputusan koperasi. | RIZALDY|EDITOR : BUSTAM

 

Tinggalkan Balasan