UGD RSUD Teluk Wondama

Stok BBM RSUD Wondama Bertahan hingga Desember

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Kepala Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Teluk Wondama, Alberth Kapitarau mengatakan, stok BBM yang dimiliki mencukupi kebutuhan hingga Desember mendatang.

“Di Wasior kondisi bahan bakar bukan saja mahal, tetapi sulit dan sangat-sangat mahal. Diprediksikan stok BBM kita bisa mencukupi kebutuhan rumah sakit hingga bulan Desember mendatang,” kata Kapitarau ketika dikonfirmasi, Rabu (16/9/2015).

Dia mengatakan, ketersediaan stok BBM ini tergantung dana yang dialokasikan pemerintah daerah. Dan kontinuitas pelayanan di rumah sakit sangat bergantung pada pasokan listrik.

Digitalisasi peralatan pada unit radiology, kamar operasi, ujar Kapitarauw, adalah alat-alat yang digunakan untuk menunjang kinerja petugas. Dengan konsumsi listrik tinggi.

“Walaupun daya listrik itu ada tetapi tidak stabil sangat mengganggu. Apalagi tidak ada sama sekali. Kita sangat bergantung pada pasokan listrik yang disediakan pemerintah daerah,” tuturnya.

Meski demikian, ia mengaku punya strategi dimana kondisi daerah sedang krisis listrik. Dengan menyiapkan generator di rumah sakit. Sehingga, pelayanan kepada pasien tidak terganggu.

“Kalau listrik mati pelayanan ke pasien terganggu. Contohnya, kita mau periksa darah dan jantung.Hanya saja dengan generator sebagai cadangan masihbanyak kendalanya,” ujar pria yang pernah bertugas di Surabaya, Jawa Timur ini. | RASYID FATAHUDDIN