Kantor DPR Papua Barat. SuluhPapua

Sudah Diperiksa Kemendagri, Tatib DPRPB Masih Akan Dibahas

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com——-DewanPerwakilan Rakyat Papua Barat mengagendakan pembahasan tata tertib DPR Papua Barat, pasal demi pasal, dalam sidang pleno panitia khusus Tatib DPRPB, sebelum disahkan dalam sidang paripurna.
Ketua Pansus Tatib DPRPB, Ortis F.Sagrim mengatakan, pembahasan akan digelar dalam waktu dekat, karena Pansus memiliki waktu terbatas, hanya hingga 27 Juni 2015.
Ortis mengatakan, sebelum sidang pleno digelar, Pansus yang beranggotakan 19 anggota DPRPB itu, akan melakukan penyesuaian draf hasil evaluasi Kementerian Dalam Negeri, yang telah dikeluarkan belum lama ini.
“Setelah itu baru akan ditetapkan dalam rapat paripurna DPR-PB.Agenda ini, kita sesuaikan dengan jadwal Badan Musyawarah DPRPB,” kata Ortis kepada Minggu malam, (14/6/2015).
Sebenarnya, Ortis mengatakan, Pansus Tatib telah merencanakan rapat finalisasi draf Tatib Jumat, pekan lalu. Namun rapat tersebut tidak membuahkan keputusan.
“Ini disebakan keinginan berbeda yang muncul didalam rapat, peserta meminta Pansus harus merumuskan tatib menjadi satu draf,” kata Ortis.
Dalam rapat tersebut, ia menjelaskan, ada 31 keterangan yang diberikan untuk merubah atau menambah dan mengurangi draf tatib. Ia mengaku ada usulan yang tidak diakomodasi dalam rapat karena sudah dievaluasi oleh Kemendagri.
Salah satu pasal yang tidak diakomodasi ialah soal calon ketua DPR yang harus merupakan orang asli Papua. Namun ia menegaskan pasal tersebut bukan menjadi alasan sehingga rapat finalisasi itu tidak membuahkan hasil final.|RASYID FATAHUDIN