Sumber air melimpah, warga Kota Wasior masih kesulitan air bersih

WASIOR— Meski sumber air di Kabupaten Teluk Wondama cukup melimpah namun sebagian besar warga kota Wasior ternyata masih kesulitan air bersih. Selama bertahun-tahun warga yang tinggal di pusat kota masih mengandalkan sumur sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Lurah Wasior Kori Parayrawai mengungkapkan, jaringan air bersih sebenarnya sudah ada. Namun sejak dibangun usai musibah banjir bandang 2010 hingga sekarang ini tidak pernah berfungsi secara optimal.

“Pipanya ada tapi air tidak mengalir. Saya sudah cek, dari Dinas PU bilang masalah di intake. Air (dari kali) hanya sampai di intake  tapi tidak bisa mengalir ke rumah-rumah,” kata Kori pada acara kunjungan kerja Bupati Bernadus Imburi dan Wakil Bupati Paulus Indubri ke distrik Wasior yang dipusatkan di aula kantor distrik Wasior, beberapa waktu lalu.

Kondisi serupa juga dialami warga Kampung Wasior II. Jaringan pipa ada namun air sudah lama tidak mengalir. Alhasil dalam beberapa tahun belakangan warga mengalami krisis air bersih.

“Kami sangat membutuhkan air bersih karena masyarakat selama ini pakai sumur saja jadi kami kuatir air sumur kurang bersih sehingga masyarakat bisa kena penyakit,” kata Kepala Kampung Wasior II Yan Ayamiseba.

Yuliana Manupapami, warga kampung Moru, distrik Wasior menambahkan, semenjak bencana banjir bandang 2010 warga setempat tidak pernah lagi menikmati air bersih dari  jaringan pipa. Padahal sebelumnya jaringan pipa air bersih masuk sampai ke rumah-rumah warga. Warga setempatpun terpaksa beralih menggunakan sumur.

“Tapi sekarang ini musim panas jadi sumur kami sudah mau kering jadi kami mohon Pemda bisa membangun kembali jaringan air bersih untuk kami,” ujar Yuli.

Menjawab keluhan warga, Bupati Bernadus Imburi meminta Dinas Pekerjaan Umum menindaklanjuti dengan memprogramkan kegiatan penataan ulang jaringan air bersih dalam APBD 2018. (brv)

Leave a Reply

%d bloggers like this: