ILUSTRASI

Surplus, Papua Barat Jual Daging Sapi Segar ke Luar Daerah

MANOKWARI , Cahayapapua.com-Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua Barat memastikan, kebutuhan daging sapi di daerah ini akan surplus sehingga dipastikan bakal dijual ke provinsi lain.

“Kebutuhan sapi potong di Papua Barat sudah surplus. Kita (juga) tidak pernah datangkan daging sapi dari luar. Itu tandanya kita masih bisa memenuhi kebutuhan daging sapi (secara mandiri),” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua Barat, drh. Hendrikus Fatem, Rabu (30/3/2016).

Hendrikus mengatakan, daging sapi yang akan dijual ke daerah lain dalam bentuk daging segar karkas, bukan daging beku.

Untuk kebutuhan tersebut, pihaknya mengaku telah terjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian dan PT. Pelni untuk mendistribusi daging sapi segar tersebut.

“Karena sudah ada kerja sama antara Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan kementerian Pertanian dengan PT. Pelni, jadi mereka sudah siapkan kapal kargo untuk mengangkut daging sapi ke daerah yang membutuhkan daging sapi,” ungkap Fatem.

Selain itu untuk mendukung penjualan daging sapi segar ke luar Papua Barat, pemerintah juga telah membangun Rumah Potong Hewan (RPH) kategori satu di Kota Sorong.

RPH tersebut telah selesai dibangun namun belum bisa difungsikan karena menunggu kelengkapan peralatan pendukung yang memadai.

Ia memastikan setelah peralatan pendukung lengkap, RPH akan langsung difungsikan untuk menyediakan daging sapi segar ke luar Papua Barat.

“RPH juga akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan daging sapi segar ke kabupaten/kota di provinsi Papua Barat,” katanya. (ICL)

Tinggalkan Balasan