Tim survei pengembangan Dermaga Kokoda Sorong Selatan.

Survei Pengembangan Dermaga Kokoda Dimulai

SORSEL, Cahayapapua.com– Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan bersama Universitas Hasanudin berkomitmen menyelesaikan rencana utama pengembangan dermaga Kokoda.

Komitmen ini ditandai dengan pertemuan tim Center of Tehnology Fakultas Teknik UNHAS dengan Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli di daerah tersebut Rabu lalu.

UNHAS menyatakan akan memulai survei dalam waktu dekat oleh tim ahli. Survei menyasar topografi dan hidrografi yang meliputi pasang surut, kedudukan pantai, besar gelombang, arah angin.

Tim juga akan mengumpulkan data terkait keluar masuknya kapal dan barang-barang hasil pertanian, data penduduk, sosial ekonomi, budaya dan lingkungan dan data pendukung lainnya.

“Setelah master plan selesai, akan masuk pada tahap penyusunan Detail Engineering Design (DED) dengan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) kemudian dilanjutkan pembangunan fisik,” kata ketua tim Center of Tehnology UNHAS Isran Ramli.

Pertemuan itu juga dihadiri Prof. Osozawa Katsuya, perwakilan Japan Internasional Coorporation (JICA) di Indonesia untuk melihat potensi pertanian di Kabupaten Sorsel potensi Sagu yang akan dikembangkan dan diekspor.

Kepala Bappeda Sorsel Suroso menyatakan bupati merespon baik hasil pertemuan tersebut dan berterimakasih kepada pihak UNHAS.

“Pengembangan Dermaga Kokoda itu diharapkan bupati segera dilaksanakan, sehingga bisa menjawab kesulitan transportasi di wilayah Kokoda dan wilayah Imekko,” kata Suroso. (JOS)

Tinggalkan Balasan