25,75 hektare lahan program cetak sawah di Manokwari

Swasembada beras Papua Barat akan dicanangkan di Sorong

MANOKWARI- Pemerintah pusat akan mencanangkan program swasembada beras di wilayah Provinsi Papua Barat. Menteri Pertanian Amran Sulaiman akan datang mewakili Presiden Joko Widodo untuk melakukan penanaman perdana di Kabupaten Sorong.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Holtikuktura Provinsi Papua Barat Yacob S Fonataba Rabu (14/6), mengatakan, pencananangan program swasembada beras Papua Barat akan ditandai dengan penanaman padi perdana yang akan dilaksanakan di Distrik Aimas, Kabupaten Sorong.

“Pencanangan kita jadwalkan pada 20 Juni 2017. Bapak Menteri Pertanian akan datang dan beliua yang akan memimpin penanaman perdana,” kata Yacob.

Dia menyebutkan, penanaman perdana akan dilaksanakan dilahan sawah seluas 30 hektare dari 100 hektare sawah baru yang dibuka pada program cetak sawah.

Yacob menjelaskan, total lahan pertanian di Kabupaten Sorong sebanyak 2.500 hektare. 100 hektare diantaranya merupakan sawah baru.

“Dari 100 hektare tersebut, 60 hektare yang siap ditanami. Pencanangan ini akan dilakukan di 30 hektare sawah yang lokasinya berada di wilayah Distrik Aimas,” sebutnya.

Dalam pencanangan tersebut, lanjut Yakob, Menteri Amran juga akan menyerahkan bantuan alat pertanian seperti transpater dan alat panen kepada kelompok tani.

Yacob mengutarakan, kehadiran Menteri pun sekaligus akan mensosialisasikan program pangan nasional. Hal ini diharapkan bisa membangkitkan semangat petani dan pemerintah daerah setempat.

Dia menambahkan, pada tahun 2016 Papua Barat menjadi salah satu daerah sasaran pada program cetak sawah. Tahun ini program tersebut akan berlanjut di beberapa kabupaten, termasuk Sorong.

Pada program ini, pemerintah melibatkan TNI-AD selaku pelaksana pembukaan lahan dan pembuatan lahan hingga lahan tersebut siap ditanami.(ibn)

 

Tinggalkan Balasan