Musrembang Distrik Masni tahun 2017. Tahun ini 32 kampung di distrik itu bakal mengelola anggaran kampung masing-masing Rp. 800 juta yang berasal dari tiga pos anggaran.

Tahun Ini 32 Kampung di Masni Kelola Anggaran Rp. 25,6 Miliar

MANOKWARI, Cahayapapua.com–— 32 Kampung se distrik Masni pada tahun ini bakal mengelola anggaran pembangunan cukup besar Rp. 25,6 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari alokasi dana desa pos APBN, masing-masing 600 juta, Alokasi Dana Kampung (ADK) dari pos APBD Manokwari 170 juta dan dana kampung (Otsus) 100 juta. Jika diakumulasi tiap kampung akan mengelola Rp. 800.

“Dana sebesar itu harus dimanfaatkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat, sehingga seharusnya angka kemiskinan masyarakat di distrik ini bisa ditekan,” kata Wakil Bupati Kabupaten Manokwari Edi Budoyo, saat mengikuti Musrembang Distrik Masni, Kamis (10/3/2016).

Pemda Manokwari juga menekankan agar aparatur kampung dapat memilih-milih program atau kegiatan yang tepat sehingga tidak tumpang tindih dengan program Pemda.

Ia juga menegaskan agar tiap kampung mematuhi aturan dan tidak seenaknya memakai anggaran tersebut diluar ketentuan yang belaku.

Wabup menekankan pengelolaan anggaran harus sesuai aturan karena diakhir penggunaan ada laporan pertanggungjawabkan, baik dalam bentuk Surat Pertanggungjawaban (SPj) maupun Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj).

“Pertanggungjawaban itu dimaksudkan agar pemerintah dapat mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan pembangunan seperti yang telah direncanakan,” pesannya. |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan