logo_BPBD

Tahun Ini, KPBD Sorsel Dapat Bantuan Speed Boat

TEMINABUAN, CAHAYAPAPUA.com– Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) dalam tahun ini akan mendapat bantuan satu unit speed boat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

Hal ini dikatakan Kepala Kantor BPBD Kabupaten Sorsel, Fredrik Kokurule, SE di kantor bupati, Rabu (7/10) lalu. Bantuan satu unit speed boat dari BNPB Pusat tersebut, kata Kokurule, adalah speed boat yang berkapasitas 400 PK.

Pihaknya menyampaikan terimakasih kepada BNPB Pusat, karena dengan adanya speed boat tersebut, tentu memudahkan KPBD Sorsel melakukan survey, mitigasi, dan pemantauan ke wilayah pantai. “Selama ini kita kesulitan transportasi apabila melakukan survey dan mitigasi ke wilayah pantai yang terdiri dari 7 distrik,” jelasnya.

Diakui Kokurule pihaknya sudah seringkali menerima bantuan dari BNPB Pusat dan BNPB Provinsi Papua Barat. Sebelumnya pihaknya menerima bantuan beberapa unit perahu karet dari BNPB Provinsi. “Kami sudah sering menerima bantuan dari BNPB. Tapi bantuan speed boat ini adalah bantuan pertama yang kami terima dari BNPB Pusat,” ungkapnya.

Sementara driver yang akan mengoperasikan speed boat ini, kata Kokurule, pihaknya telah mengirim dua orang staf mengikuti pelatihan pemantapan speed boat di Beach City Ancol.

Dia berharap usai mengikuti pelatihan, dua orang driver speed boat ini bisa mengoperasikan speed boat, mengetahui tata cara penyimpanan, perawatan atau pemeliharaan. (BIB)