Kepala Badan Kesbangpol, T W. Taborat

Tahun politik, Kesbangpol siap gelar sosialisasi aturan baru

BINTUNI, Cahayapapua.com— Menghadapi tahun politik di 2018, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Teluk Bintuni akan menggelar sujumlah agenda sosialisasi terkait aturan main baru dalam proses pemilihan legislatif (Pileg) dan juga pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2019.

Kepala Kesbangpol, T. W.  Taborat, Jumat pekan kemarin, mengatakan proses tahapan pemilu baik itu legislatif maupun pilpres sudah mulai berjalan tahun ini. Untuk itu pihaknya akan lebih fokus pada sosialisasi aturan terbaru.

“Kita akan kerja sama dengan KPU untuk sosialisasi aturan baru, disamping KPU dan Panwas, kita juga berupaya untuk sosialisasikan,” kata Taborat  di ruang kerjanya.

Soal aturan baru, Taborat mengatakan karena ada perubahan jadwal tahapan verifikasi partai politik, menyebabkan aturan baru belum keluar.

“Pesoalan pertama waktu itu verifikasi parpol yang baru, ternyata selesai keluar lagi aturan parpol lama harus diverifikasi, sehingga jadwal tahapan ini berubah, kita masih menunggu, jika ada aturan atau UU yang baru, kita akan sosialisasikan ini,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya juga terus memantau perkembangan di KPU, dengan memerintahkan pegawai guana berkoordinasi ke kantor KPU Teluk Bintuni. Supaya perkembangan tahapan pemilu dapat terus dipanatau.

Dia menambahkan, jumlah partai politik yang ikut serta pemilu tahun 2014 lalu sebanyak 13. Namun yang berhasil memperoleh kursi di DPR hanya berjunlah 10.

Sementara untuk pemilu mendatang belum dapat dipastikan berapa jumlah partainya, karena masih ada proses tahapan yang belum selesai di pusat. Kendati yang lolos sudah ada 14 partai peserta pemilu 2019. |Arif Triyanto

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: