Ilustrasi

Taman Nasional Teluk Cendrawasih Dijarah, Bupati Wondama Dukung Penenggelaman Kapal Asing

WONDAMA, CAHAYAPAPUA.com – Gebrakan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti dalam hal pengawasan wilayah perairan Indonesia dengan cara menenggelamkan kapal asing yang beroperasi tanpa izin di wilayah perairan NKRI di dukung orang nomor satu di lingkup Pemda Teluk Wondama.

“Saya sangat mendukung tindakan pengawasan dengan cara menenggelamkan kapal asing tanpa izin yang beroperasi di wilayah Indonesia. Apalagi kita di Wondama, memiliki wilayah laut cukup luas dan terdapat Taman Nasional Teluk Cenderawasih,” kata Bupati Teluk Wondama, Drs. Alberth H. Torey, MM saat ditemui Cahaya Papua, Sabtu (13/12) lalu, ketika dimintai tanggapannya soal gebrakan yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Meski begitu, diakuinya dalam hal pengawasan perlu adanya peralatan atau fasilitas yang memadai bagi satuan keamanan terkait dalam menjaga kedaulatan wilayah NKRI, terlebih khusus perairan di Kabupaten Teluk Wondama.

“Untuk pengawasan butuh kapal yang lebih cepat, sebab kita bukan saja menjaga nelayan lokal yang menggunakan potasium atau bom ikan, tapi juga nelayan asing yang mungkin saja menggunakan senjata api dan fasilitas kapal yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara terkait anggaran untuk sektor pengawasan laut, bupati mengungkap bahwa anggarannya ada pada dana alokasi khusus atau DAK, namun pemanfaatan dana tersebut harus tepat dan rinci, mengingat aturan dalam memanfaatkan alokasi dana DAK sangat ketat.

“Jika daya serap DAK tidak melebihi target, tentu akan terjadi pemotongan pada tahun depan. Jadi perlu ada komunikasi yang intens dengan pihak terkait soal pemanfaatan DAK untuk pengawasan laut kita. Ini penting karena demi menjaga keutuhan kekayaan alam kita di Wondama,” tandasnya.|ADLU RAHARUSUN