selasar.co Ilustrasi Pertamina

Tanah Pertamina Manokwari Digugat

MANOKWARI, Cahaya Papua.com— PT Pertamina Cabang Manokwari saat ini sedang dibelit masalah gugatan penggunaan kelebihan tanah 15.000 meter persegi yang terletak di jalan Trikora Wosi, Manokwari.
Gugatan tersebut dilayangkan Daud Mandacan Cs. Pertamina merupakan tergugat pertama, sementara Pemda Manokwari adalah tergugat kedua.
Untuk menyelesaikan kasus ini, pihak pertamina bersama pemerintah daerah dan tergugat telah melalui proses mediasi di kantor Pengadilan Negeri Manokwari, kemarin. Sialnya mediasi tersebut berakhir dengan kegagalan.
“Pertamina tidak mau mengembalikan tanah tersebut, mereka lebih memilih jalur hukum untuk menyelesaikan permasalahan tanah tersebut,” terang Kuasa Hukum Pemerintah Kabupaten Manokwari Demianus Waney yang ditemui usai mengikuti mediasi.
Tanah Pertamina seluas 15.000 meter persegi yang saat ini sudah digunakan, dilunasi oleh Pemda Manokwari pada masa pemerintahan Dominggus Mandacan. Pemda membayar ganti rugi kepada Daud cs pada tahun 2003 sebesar Rp. 700 juta lebih.
Belakangan, Daud cs menelusuri kembali tanah tersebut dan mendapati bahwa Pertamina ternyata menggunakan tanah yang tidak termasuk dalam 15.000 meter persegi tersebut atau tanah lebih. “Kelebihan itu yang digugat oleh mereka (Daud Cs),” terang Waney.
Pemda Manokwari menurut Waney, akan mengikuti kemauan Pertamina yang menginginkan proses hukum dalam penyelesaian gugatan itu. Waney tidak menyebut secara pasti luas tanah yang digugat Daud Cs. |MUHAMMAD RIZALDY