Kadis Perhubungan dan Kominfo Manokwari Beni Boneftar. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Tarif Angkutan Umum di Manokwari Naik Maksimal 20 Persen

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Penyesuaian tarif angkutan umum baik angkutan kota maupun angkutan pedesaan di Kabupaten Manokwari menyusul kenaikan harga BBM bersubsidi dipastikan akan diberlakukan dalam waktu dekat ini.

Dinas Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Manokwari, Kamis (20/11/2014) telah menerima radiogram dari Gubernur Papua Barat tentang penyesuaian tarif angkutan umum yang berlaku di semua kabupaten/kota di Papua Barat.

Dalam radiogram bernomor T-551/88/GPB/2014, tertanggal 19 November 2014 disebutkan, penyesuaian tarif angkutan umum disesuaikan dengan jarak pada masing-masing trayek dengan besaran kenaikan maksimal 20 persen dari tarif sebelumnya.

“Berapa besarnya diserahkan kepada kebijakan daerah masing-masing tapi maksimalnya adalah 20 persen, “ kata Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Beni Boneftar, Kamis siang di kantornya.

Direncanakan, tarif baru akan diumumkan secara resmi ke publik pada Senin, 24 November mendatang. “Jadi sepanjang belum ada tarif baru, para sopir harus tetap pakai tarif lama, “ tegas Boneftar.

Sementara itu khusus untuk ojek, Boneftar mengaku, pihaknya tidak bisa mengatur tarif tersendiri untuk angkutan roda dua tersebut. Pasalnya sampai saat ini, ojek belum dikategorikan sebagai sarana angkutan yang resmi sehingga belum memiliki payung hukum.

“Jadi kita mengimbau agar tarif untuk ojek itu adalah harga kesepakatan antara pengguna jasa dengan pemberi jasa ojek, namun yang wajar. Yang penting baik ojek maupun pengguna jasa sama-sama tidak dirugikan, “ ujar mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Manokwari itu.

Dia pun mengharapkan asosiasi ojek bisa ikut memberlakukan aturan yang tegas sekaligus mengawasi para pejasa ojek agar tidak menaikan tarif semaunya sendiri yang justru akan memberatkan masyarakat.

“Contohnya kalau dari Sanggeng ke Kwawi itu kalau naik angkot itu Rp5000, maka untuk ojek, tawar menawarnya antara 5000 sampai 10.000. Jadi ketemunya paling tidak antara 6000 sampai 7000,“ sebut Boneftar. |ZACK TONU BALA

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan