Ilustrasi Kesehatan Bayi

Tekan Kematian Bayi, Puluhan Dokter dan Bidan Dilatih

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Puluhan tenaga dokter dan bidan dari seluruh kabupaten/kota se Papua Barat, Rabu lalu, mengikuti pelatihan yang diorganisir Dinas Kesehatan Papua Barat, untuk menekan angka kematian bayi di daerah ini.

Angka kematian bayi yang baru lahir di provinsi Papua Barat masih cukup tinggi. Selain karena minimnya fasilitas kesehatan, faktor yang mempengaruhi meningkatnya angka kematian bayi juga terkait dengan keterampilan tenaga kesehatan.

dr. Maria CM. Warwe, fasilitator dalam pelatihan tersebut, mengatakan, pelatihan digelar dalam dua sesi, khusus untuk tenaga dokter dan kepada bidan. Pelatihan mendorong para dokter dan bidan bisa menangani masalah kesehatan bayi secara lebih baik lagi, terutama bayi yang baru lahir.

“Mereka dilatih terutama soal keterampilan, karena meskipun mereka selama ini sudah mendapat ilmu tersebut dibangku pendidikan dan telah bekerja, tapi tentu ada ilmu baru yang perlu dipelajari lagi,” kata dr Maria disela-sela kegiatan ini.

“Sehingga dengan kegiatan ini kami harap keterampilan tenaga kesehatan bisa meningkat. Tentu kami juga berharap agar fasilitas kesehatan bisa ditingkatkan,” ujarnya.

Ketua Panitia dr. Feny M. Paisey mengatakan, pelatihan diikuti dokter dari seluruh kabupaten/kota se Papua Barat, terdiri dari dokter PTT, dokter PNS yang bertugas di Puskesmas –tiap kabupaten 2 dokter— dan sejumlah tenaga bidan. |DINA RIANTI