Bupati saat pelepasan 8 calon mahasiswa ke Jerman 2014 lalu. | CAHAYAPAPUA.com |Isabela Wisang

Teken Kerjasama Pendidikan, Bupati Kaimana Bertolak ke Jerman

KAIMANA,CAHAYAPAPUA.com– Bupati Kaimana Matias Mairuma didampingi beberapa pejabat, direncanakan  akan bertolak ke Jerman, untuk melihat perkembangan kuliah delapan anak asli Kaimana yang dikirim studi di Aachen Univercity of Applied Sciences Kota Wolsburg Jerman.

Kunjungan Bupati ke Jerman sekaligus melakukan MoU dengan pihak universitas terkait jaminan pendidikan bagi delapan anak.

Bupati menyampaikan hal ini dihadapan warga Kampung Gaka Distrik Buruway saat menghadiri syukuran tahun baru, Jumat (9/1/2015) malam lalu. Dikatakan, kepergiannya ke Jerman sangat penting karena berkaitan dengan nasib delapan anak asli Kaimana, dimana tiga diantaranya berasal dari Suku Madewana.

Dihadapan warga, Bupati juga menyampaikan rasa kekuatirannya jika Bupati Kaimana periode berikut, tidak melanjutkan program ini. Untuk mengantisipasi itu,  Bupati mengatakan akan mencari kuasa hukum terbaik di Indonesia, yang akan membuat naskah perjanjian terikat berkekuatan hukum agar jika kepemimpinan  Kaimana periode berikut jatuh ke orang lain maka pemimpin yang bersangkutan harus melanjutkan program perkuliahan delapan anak di Jerman.

“Saya ke Jerman karena masa jabatan saya akan berakhir pada 23 November 2015. Saya akan tandatangan MoU antara Pemerintah Daerah dengan pihak universitas terkait jaminan pendidikan bagi mereka. Dari delapan yang dikirim, tiga anak dari Suku Madewana. Bagaimana nasib mereka, ini pergumulan saya. Saya mau cari pengacara supaya ikat kebijakan ini secara hukum. Saya takut, ketika nanti saya turun lalu yang lain naiki, dia pangkas kebijakan itu dan nasib delapan anak ini berantakan. Ini yang saya harus jaga mulai saat ini,” tukas Bupati.

Seperti diketahui, 19 September 2014 lalu, Bupati telah secara resmi melepas delapan anak menuju Jerman, mengikuti program perkuliahan di Aachen Univercity of Applied Science Jerman dan Wolsburg Univercity. Pelepasan berlangsung di rumah bimbingan belajar mereka, Jalan Cenderawasih Kemayoran Jakarta Pusat.

Delapan anak dimaksud adalah;  Ayub Jafata asal Kampung Kensi, David Yoris Fagira dari Werafuta, Musa Onobora dari Kampung Gaka, Nomensen Watebosi dari Urubika, Rofinus Naroba dari Kampung Esania, Salomo Orani dari Lobo, Samuel Tana dari Kampung Hia, yang akan mengikuti pendidikan S1 di Aachen Univercity of Applied Science.

Dan satu calon mahasiswa S2, Nimrot Tafre dari Manggera yang akan menjalani studi S2 di Wolsburg Univercity, Program Internation Business dengan gelar yang nanti akan diraih MBA (Master Business Applied.

Turut hadir dalam acara pelepasan, Kepala Dinas Pendidikan Luther Rumpumbo, S.Pd, Ketua Bappeda Abdul Rahim Furuada, S.Sos, MT, Anggota DPRD Herly Wisnu Broto serta sejumlah tokoh adat Kaimana, masing-masing; Ketua DAK Harun Sabuku, Marthen Nasua, Mesakh Wanasira, Robert Waita dan Batseba Ireni. |ISABELA WISANG