Tembok Berlin, Kota Sorong (Indonesia Kaya)

Tembok Berlin Bakal Direklamasi Jadi Pusat Bisnis

SORONG, Cahayapapua.com— Konsultan PT Indomegah Cipta Bangun Citra, Henry Kusnadi menyatakan pihaknya siap melakukan reklamasi atau menyulap Kawasan Tembok Berlin seluas 25 hektar menjadi pusat bisnis di Kota Sorong.

“Kita optimis dan yakin untuk mengembangkan (kawasan Tembok Berlin, red) ini menjadi pusat area yang modern, nyaman dan maksimal bagi pendatang atau siapapun yang berkunjung,” kata Henry saat ditemui wartawan di kantor Walikota Sorong, usai rapat koordinasi reklamasi pantai dofior (tembok berlin), Kamis lalu.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan kajian mendalam terkait hunian yang akan dibangun. Yaitu market dan dukungan masyarakat setempat. Serta menganalisis dampak lingkungannya.

“Untuk hunian, saat ini sedang kita kaji apakah market dan masyarakatnya mendukung atau tidak. Rencananya ada dua tipe yang akan dibangun, yakni town house dan resort.  Dan kami reklamasi ini, kami juga harus memikirkan Analisis Mengenai Dampak Lingkunganya (Amdal) dan pelepasan adat,” tutur Henry.

Dari 25 hektar lahan yang direklamasi lanjutnya, akan dibangun diatas lahan seluas 20 hektar. Pembangunan ini, kata dia, tidak  dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, melainkan akan memakan waktu 5 hingga 10 tahun kedepan.

“Pada konsep bangunan, ada zona-zona yang kita create yaitu zona untuk perkantoran, perdagangan, hunian dan ada juga yang kita bagi untuk bangunan sebagai destinasi utama,” jelas Kusnadi.

Yang menarik, sambungnya, dalam proyek yang akan dikerjakan PT Modern Multi Graha ini, juga disediakan ruang terbuka hijau, sehingga masyarakat merasa nyaman menikmati sunset di sore hari. “Kita bermain di outdoor, bangunan rukonya nanti berbeda dan lebih modern,” kata Henry.

Menurutnya, potensi Kota Sorong sudah banyak dikenal karena menjadi pintu gerbang menuju ke Raja Ampat.

Sementara itu, Wali Kota Sorong Lambert Jitmau mengaku, bangga dengan pengembangan kawasan Tembok Berlin. Menurutnya, kawasan Tembok Berlin sudah seharusnya dikembangkan dengan konsep tersebut.

“Jangan yang manual terus, harus modern lah. Dalam presentase mereka (Pengembang), akan disiapkan taman terbuka hijau, lahan untuk pedagang kaki lima dan lahan lainnya. Soal anggaran, saya hanya tanda tangan saja, semua dana dari investor langsung. Saya tidak mau berkata lagi, saya sudah tengelam dalam suasana itu, semua ini sangat luar biasa,” ungkapnya. (NSR)

Tinggalkan Balasan