Syukuran Akreditasi RSUD Teluk Bintuni

Terakreditasi, Bupati Minta RSUD Bintuni Tak Anti Kritik

BINTUNI, CAHAYAPAPUA.com— Bupati Kabupaten Teluk Bintuni Petrus Kasihiw mengimbau pihak Rumah Sakit Umum Daerah Teluk Bintuni untuk terbuka menerima kritik dan masukan masyarakat sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan rumah sakit kepada publik.

Imbauan ini disampaikan bupati dalam syukuran terakreditasinya RSUD Bintuni, Halal Bi Halal dan penggunaan saranan baru jasa laundry, mess, dan cafeteria di kompleks RSUD Bintuni, Rabu (3/8).

“Untuk prestasi boleh, tapi yang menilai semua itu adalah masyarakat. Kadang penilaian itu sangat subjektif, tapi kita harus bisa terima untuk berbenah diri. Semakin banyak kritik, kita akan menuju kearah yang lebih baik. Jadi jangan marah ya pak direktur,” kata bupati saat memberikan sambutan.

RSUD Teluk Bintuni dinyatakan memenuhi standar akreditasi perdana pada 28 Juni 2016 lalu. Tim akreditasi terdiri atas 4 pokja dengan 32 anggota yang terdiri dari unsur RSUD Bintuni, dinas kesehatan, dinas lingkungan hidup, sekretariat daerah, RS Panti Rajih Jogja, BP Tangguh, unsur masyarakat dan Bupati Teluk Bintuni.

Bupati mengatakan terakreditasinya RSUD Bintuni merupakan prestasi namun ia menggarisbawahi bahwa hal itu merupakan langkah pertama untuk memperbaiki mutu bidang kesehatan di daerah tersebut. “Rumah Sakit Umum Bintuni masih perlu banyak perbaikan, tidak boleh berpuas diri,” tambah bupati.

Lebih jauh bupati mengatakan keberadaan rumah sakit merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Ia juga menegaskan bahwa keberadaan rumah sakit harus dimaknai sebagai, “upaya menyangkut pelayanan kepada umat manusia.”

“Ada orang bilang kalau orang bodoh masih bisa kita upayakan pintar, tapi kalau orang sakit dan sekarat ini menjadi tanggung jawab kita untuk selamatkan.

Kalaupun kita sudah berupaya dan mengambil langkah dan orang tersebut meninggal, kita sudah memberikan pertolongan awal untuk menyelamatkan umat manusia,” kata bupati menambahkan.

Bupati mengatakan setelah dilantik ia telah mengecek inspeksi ke rumah sakit termasuk sejumlah puskesmas dan memastikan bahwa pelayanannya sudah berjalan cukup optimal.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Matret Kokop, Ketua DPRD Simon Dowansiba, sejumlah pimpinan SKPD, perwakilan TNI-Polri, dan para tamu undangan lainnya serta puluhan pegawai RSUD Bintuni. (ART)

Tinggalkan Balasan