Pemerintah Provinsi Papua Barat. Foto: Ist

Terancam Sanksi, Papua Barat Siap Tuntaskan APBD 2015 Desember Ini

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat menyatakan akan menyelesaikan pembahasan APBD 2015 paling lambat akhir Desember 2014.

Pernyataan ini disampaikan setelah Papua Barat menerima edaran Mendagri No 903/6865/Sj. Edaran tersebut menegaskan bahwa kepala daerah dan anggota DPRD di provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia yang tidak menyelesaikan APBD 2015 paling lambat akhir Desember 2015, bakal tidak menerima gaji selama 6 bulan.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Papua Barat Abia Ullu mengatakan, edaran tersebut sudah diterima pemprov Papua Barat. “Pak gubernur kami mempercepat penetapan APBD bersama DPR PB,” kata Abia Ullu di Manokwari, Papua Barat, Kamis (18/12/2014).

Walau demikian, saat itu Abia mengatakan, Pemprov Papua Barat belum bisa memastikan pembahasan APBD 2015 bersama DPR PB, pasalnya saat diwawancarai ia mengaku alat kelengkapan DPR PB belum terbentuk.

Pemprov juga belum melakukan pembicaraan dengan DPR PB soal agenda sidang APBD 2015, sehingga ia belum bisa memastikan apakah penetapan APBD 2015 akan dibahas dengan DPR PB atau melalui peraturan gubernur.

Sementara untuk kabupaten/kota, Abia mengaku dari 13 kabupaten/ kota, baru Raja Ampat dan Kaimana yang telah menetapkan APBD 2015. “Dalam waktu dekat Bintuni akan menyusul, sementara kabupaten lainnya belum sama sekali, termasuk provinsi,” kata dia.

Meski begitu Abia mengatakan, provinsi dan kabupaten yang belum menetapkan APBD 2015 masih punya waktu hingga akhir Desember.

Sebelumnya, Sekda Papua Barat Nataniel Mandacan mengatakan pemprov termasuk lambat menetapkan APBD jika sidang pembahasan dilakukan diatas tanggal 15 Desember.

Nataniel juga mengatakan jika lewat dari tanggal 15 Desember, maka pemprov harus menempuh jalur Pergub atas persetujuan Mendagri, sehingga penetapan APBD tahun 2015 hanya akan sekedar diketahui DPR PB tanpa melalui sidang dan akan langsung dikonsultasikan ke Mendagri. |DINA RIANTI

Tinggalkan Balasan