Bupati Bintuni Alfons Manibui memimpin pertemuan dengan para pejabat pimpinan SKPD kabupaten setempat baru-baru ini. | CAHAYAPAPUA.com | Ari Murti

TELUK BINTUNI, CAHAYAPAPUA.com—– Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Alfons Manibui, menargetkan sejumlah keberhasilan tahun ini dalam sisa kepemimpinannya di daerah tersebut. Salah satu target yang dicanangkan yaitu menekan angka kemiskinan dari 40, 33 persen menjadi 36 persen atau 4,33 persen.

Target tersebut terdapat dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2011-2015 Kabupaten Teluk Bintuni.

Kabupaten Teluk Bintuni seperti diakui Alfons merupakan kabupaten termiskin di Provinsi Papua Barat menurut Badan Pusat Statistik. Predikat termiskin itu, membuat Alfons merasa terganggu.

Namun menurut Alfons, predikat daerah termiskin di Papua Barat itu merupakan keberhasilan, bukan kegagalan. Alasannya, Bintuni mampu menekan angka kemiskinan secara signifikan. Pasalnya pada tahun 2003-2005 angka kemiskinan mencapai 68 persen, sementara kondisi terkini tercatat 39 persen.

“Keberhasilan kita adalah mampu menurunkan angka kemiskinan meskipun kita masih tertinggi di Papua Barat, sehingga dikatakan bahwa kita tidak gagal,” kata dia.

Selain itu, menurut Alfons, tingginya angka kemiskinan disebabkan karena batas garis kemiskinan terlalu tinggi, yaitu sekitar 450 ribu per bulan. “Ini yang kemudian yang membuat angka kemiskinan tertarik keatas,” kata dia.

Sementara soal indeks kedalaman dan keparahan tingkat kemiskinan, menurut Alfons, Teluk Bintuni bisa dikatakan paling berhasil karena mampu untuk menurunkan kemiskinan secara signifikan.

Selain soal kemiskinan, daerah yang terdapat perusahaan migas itu, juga mematok turunnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 68,72% menjadi 69,28%, menekan (inflasi) dari 6,5% menjadi 5%, menekan pengangguran dari 6,21% menjadi 4,5% serta pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap total pendapatan daerah yang saat ini sebesar 3,5% menjadi 6% pada tahun 2015.

Ia berjanji pemerintahannya akan berfokus pada seluruh target tersebut. “Saya minta agar target pencapaian tahun 2015 bisa terwujud. Angka-angkanya sudah jelas, maka harus dicermati secara baik,” pesan Alfons ketika berbicara dihadapan pimpinan SKPD daerah setempat baru-baru ini. |ARI MURTI

Leave a Reply