Papua Barat TV. Foto: Ist

Tersangka Kasus Hibah PBTV Dilimpahkan ke Pengadilan Pekan Ini

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com- Kejaksaan Negeri Manokwari menyatakan telah merampungkan seluruh surat dakwaan perkara dugaan korupsi dana hibah di PBTV tahun 2012 yang diduga merugikan negara Rp. 3 miliar.

Kepala Kejaksaan Negeri Manokwari, Timbul Tamba mengatakan, pekan ini berkas perkara yang menjerat mantan produser PBTV Yustin Teti Sanda ini, akan diserahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Papua Barat untuk disidangkan.

“Iya, kami akan serahkan berkas tersangka Yustin Teti Sanda pekan ini,” kata Timbul, Minggu (4/1/2015).

Yustin diboyong ke Manokwari oleh Penyidik Kejaksaan Tinggi Papua, Kamis (18/12/2014). Ia kemudian ditahan di Lapas Kampung Ambon, untuk menunggu persidangan.

Penyidik Kejati Papua, Alex Nuraya, saat itu menyatakan, hanya Yustin yang menikmati dana hibah dalam proyek pengadaan barang dan jasa di PBTV itu.

“Kami sudah berupaya agar ada tersangka baru dalam kasus ini, namun setelah menempuh penyelidikan panjang, ternyata hanya tersangka Yustin Teti Sanda yang menikmati dan mengelola dana tersebut,” kata Alex.

Seluruh berkas, termasuk barang bukti perkara ini, telah diserahkan Kejaksaan Tiggi Papua ke Kejari Manokwari.

Menurut penyidik saksi yang akan diperiksa dalam persidangan berjumlah 18 orang, yang berasal dari pegawai Biro Humas dan Protokoler Papua Barat dan pegawai PBTV. |TAKDIR