Uji KIR Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Manokwari.
Uji KIR Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Manokwari.

Tertibkan KIR dan Ijin Trayek , Dishubkominfo Turun Gunung

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Manokwari, menggelar tertib administrasi pengujian kendaraan bermotor atau KIR dan ijin trayek angkutan umum dan barang yang beroperasi di dataran Satuan Pemukiman (SP) Distrik Prafi.

Pantauan langsung Cahaya Papua, aksi tersebut  dipimpin langsung Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishubkominfo Alberth Simatupang. Tampak giat tersebut, dititik beratkan pada pelanggaran admistrasi dalam pengurusan KIR serta ijin trayek dari kendaraan tersebut.

Alberth kepada wartawan mengatakan, kegiatan  yang dipusatkan pada Lapangan Kridatama  SP 4 serta Kawasan SP 5 itu bertujuan untuk membuat setiap kendaraan angkutan umum dan barang dapat tertib dalam mengurusi admistrasi kendaraannya.

“Pemeriksaan yang kami lakukan untuk KIR hari ini (kemarin) memang baru sebatas pemantauan fisik kendaraan karena untuk uji KIR peralatan kami sedang rusak akibat bangunan KIR kami di Palang sejak Tahun 2013 silam,”ujarnya.

Dikatakannya, dari pemeriksaan fisik rata-rata kendaraan yang terjaring razia didataran Prafi masih layak untuk beroperasi, namun yang perlu diperhatikan adalah perpanjangan Ijin KIR dan Kartu Ijin Trayek.

“Dari hasil hari ini, ada sekitar 72 kendaraan baik mobil maupun truk kami layani.  Untuk angkutan umun kami periksa KIR-nya sebanyak 62 kendaraan dan ijin trayek sebanyak 10 unit. Sedangkan  truk kami hanya periksa KIR-nya saja,” jelasnya.

Untuk kedepannya sambung Alberth, hal serupa, akan diterapkan pada setiap kendaraan umum dan angkutan barang yang beroperasi di Kabupaten Manokwari. Dan kegiatan tersebut wajib dilaksanakan tiap tahun atau pun 6 bulan sekali.

Sementara untuk kendaraan perkotaan, sebut dia, Dishubkominfo akan meminta semua kendaraan tersebut untuk diperiksa di Kantor Dinas Perhubungan Manokwari.

Sesuai pantauan koran ini, para supir angkutan umum baik mobil maupun trek, terlihat antusias mengikuti operasi yang digelar tersebut.  Terlihat para pengendara angkutan umum ini, begitu memenfaatkan kesempatan tersebut. Dikarena hal tersebut merupakan salah satu kesempatan baik dalam mengurusi admistrasi kendaraannya, tanpa harus membuang-buang waktu ke Kota Manokwari.

Terbukti, aksi (Dishubkominfo red) ini, berhasil menarik minat puluhan angkutan umum serta belasan kendaraan. Baik angkutan umum maupun barang.

“Kalau pribadi saya, ini sangat baik karena kami bisa sekaligus memperpanjang KIR maupun ijin trayek kami,” ujar Suparmin salah satu Supir angkutan umum yang ikut memanfaatk kegiatan tersebut. (ACS)

 

Tinggalkan Balasan