lambang-brimob

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Tiga orang anggota Satuan Brigade Mobil Polda Papua Barat, memperoleh penghargaan atas prestasi mereka dalam kegiatan operasi.

Kepala Satuan Brimod Polda Papua Barat, Kombes Pol, Heri Heryadi, mengatakan, tiga anggota Brimob itu, masing-masing, Brigadir Polisi Abdul Rahman Sukur, Brigadir Polisi Sheun Ibrahim dan Bripka Frenki Rumkabu.

Penghargaan itu, diserahkan oleh Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat, Brigadir Jendral Polisi Royke Lumowa, pada acara syukuran ulang tahun Brimob di Markas Komando Sat Brimob Polda, Kamis (19/11/2015).

Heri menyebutkan, Brigpol Abdul Rahman Sukur, mendapat penghargaan dari Kapolri, berupa, kenaikan pangkat luar biasa dari pangkat Briptu menjadi Brigpol. Penghargaan yang diterima Abdul
Rahman Sukur, terkait prestasinya, saat terlibat dalam tugas Operasi Tumpas Matoa di Kabupaten Punjak Jaya, Papua 3 Desember 2011 silam.

kata Heri, dalam operasi itu, dua regu melakukan patroli di Tinggi Nambut, Puncak Jaya, saat patroli berlangsung, terjadi kontak senjata dengan kelompok sparatis bersenjata dilokasi tersebut.

Dua orang anggota Satuan Gegana, tertembak dan peninggal dalam peristiwa itu. Abdul Rahman Sukur yang kala itu masih berpangkat Briptu pun tertembak dibagian pahanya, namun ia berhasil selamat.

Sementara, penghargaan yang diterima Brigpol Sheun Ibrahim dan Bripka Frenki Rumkabu, diperoleh dari Kepala Satuan Brigade Mobil Kepolisian Daerah Papua Barat yang saat ini dijabat.

Sheun Ibrahim, lanjut Heri, mendapat penghargaan, karena ia merupakan anggota Sat Brimob Polda Papua Barat pertama yang menorehkan nama pada misi perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Daftur, Sudan, sebagai Satgas FPU Indonesia IV.

Heri pun memberi penghargaan kepada Unit Resmob Polda Papua Barat, yang dipimpin oleh Bripka Frengki Rumkabu.

Penghargaan itu diberikan, atas prestasi mereka dalam melaksanakan tugas kepolisian yang berhasil menangkap pelaku dan mengamankan barang bukti penyelundupan minuman beralkohol di wilayah Manokwari.

“Dalam operasi itu, mereka menangkap 10 orang tersangka, serta mengamankan barang bukti sebanyak 700 galon dan 3136 botol miras jenis cap tikus,”kata dia menambahkan.

Heri berharap, personilnya terus berlomba-lomba menorehkan prestasi yang gemilang dalam menjalankan tugasnya.|RASYID FATAHUDDIN| EDITOR : TOYIBAN