Kampung Waprak Ibukota Distrik Roswar. Zack Tonu B/Cahaya Papua

WASIOR, Cahayapapua.com—  Tiga distrik di Kabupaten Teluk Wondama yakni Distrik Naikere, Distrik Teluk Duairi dan Distrik Roon dipilih menjadi daerah sasaran program Indonesia Terang 2018.

Rencananya dalam waktu dekat ini tim dari unit pelaksana pembangunan kelistrikan (UPPK) akan turun melakukan surveI untuk persiapan pembangunan jaringan listrik di tiga wilayah tersebut.

Tiga wilayah itu memang tergolong distrik terpencil yang belum menikmati penerangan listrik. Untuk penerangan di malam hari, warga setempat sebagian besar masih mengandalkan pelita atau penerangan tradisional lainnya.

“Untuk program Indonesia Terang, Bapak Bupati sampaikan fokusnya untuk tiga distrik itu,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Palino Phiter Lambe pada acara musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) distrik Teluk Duairi di kampung Yopanggar, Sabtu (3/3).

Kepala distrik bersama jajaran pemerintah kampung diharapkan mempersiapkan hal-hal yang diperlukan guna mendukung kelancaran program penyediaan listrik yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Juga pernyataan masyarakat dari masyarakat untuk tidak tuntut (ganti rugi) tanaman dan tanah,” lanjut Phiter Lambe.

Wakil Bupati Teluk Wondama Paulus Indubri dalam kesempatan itu  berpesan agar masyarakat mulai membiasakan diri menabung uang untuk membiayai kebutuhan hidup termasuk untuk biaya listrik. “Kalau bapak ibu sudah bisa beli pulsa telepon nanti ingat beli pulsa listrik juga,” kata Indubri. |Zack Tonu B

Leave a Reply