Drs. H. Musa Kamudi, M.Si

Tiga Kabupaten Dipastikan Mengikuti Pelantikan Bupati Serentak

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat memastikan bupati dan wakil bupati terpilih tiga kabupaten di Papua Barat yang telah menggelar Pilkada pada Desember 2015 lalu akan dilantik pada 17 Februari 2015 mendatang.

Asisten I Pemerintah Papua Barat Musa Kamudi mengatakan pelantikan kepala daerah tiga kabupaten tersebut pada 17 Februari serentak dengan sejumlah daerah di Indonesia.

“Bupati dan Wakil Bupati terpilih ketiga kabupaten yang telah siap untuk digelar pelantikan serentak itu adalah kabupaten Manokwari, Pegunungan Arfak dan Manokwari Selatan,” kata Musa isai mengikuti pelantikan penjabat bupati Teluk Wondama, di hotel Aston Niu Manokwari, Selasa (9/20).

Musa menerangkan ketiga kabupaten yang akan mengikuti pelantikan saat ini sedang menyiapkan diri. Pelantikan rencananya akan digelar di Manokwari namun lokasinya belum ditentukan.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Pemerintahan Papua Barat, Baesara Wael menambahkan, masih terdapat enam kabupaten yang belum bisa dilantik secara serentak yakni Kabupaten Teluk Wondama, Kaimana, Sorong Selatan, Raja Ampat, Fakfak dan Teluk Bintuni.

“Untuk kabupaten Raja Ampat dan Teluk Wondama, saat ini masih kita masih mengurus berkasnya dan akan dikirim lagi ke Kemendagri,” ujar Baesara.

Baesara menerangkan khusus, kabupaten Kaimana dan Kabupaten Sorong Selatan hingga kini belum dilakukan proses pemberkasan, hal itu karena hingga saat ini proses pemberkasan kedua pasangan terpilih di dua kabupaten ini belum masuk dalam tahapan pembahasan di DPRD setempat.

Sementara kabupaten Fakfak dan Teluk Bintuni, hingga saat ini masih dalam proses penyelesaian sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi, sehingga belum bisa dipastikan waktu pelantikan.| RIZALDY