Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan (kanan) dan Wakil Gubernur Mohamad Lakotani.

Tiga kepala daerah segera dilantik

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan akan segera melantik tiga kepala daerah terpilih di Papua Barat pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 15 Februari 2017.

Kepala Bagian Pemerintahan Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Papua Barat Baesara Wael di Manokwari, Selasa, mengatakan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Djahjo Kumolo telah mengirim radiogram beberapa waktu lalu.

Radiogram tersebut berisi pemberitahuan bahwa pelantikan bupati-wakil bupati dan walikota-wakil walikota tahap 2 akan  dilaksanakan pada 22 Agustus di ibukota provinsi.

Dia menyebutkan, dari empat kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada serentak baru bupati dan wakil bupatu Tambrauw yang dilantik.

“Wali Kota Sorong, Bupati Sorong dan Bupati Maybrat belum. Bapak gubernur berharap pelantikan tiga kepala daerah tersebut bisa dilaksanakan secara serentak pada 22 Agustus di Manokwari,” kata Baesara.

Dia menyebutkan, Mendagri sudah menerbitkan SK pengangkatan bagi wali kota-wakil wali Kota Sorong serta bupati dan wakil bupati Sorong. Dua pasangan kepala daerah ini tinggal menunggu pelantikan.

Sementara untuk Maybrat, kata dia, pihaknya sudah mengajukan penerbitan SK ke Kemendagri. “Berkas tidak ada masalah, informasi terakhir yang kami terima draft SK sudah siap dan tinggal menunggu tandatangan,” ujarnya lagi.

Dia mengutarakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan gubernur. Setelah ada petunjuk Biro Pemerintahan akan mengundang tiga kepala daerah tersebut untuk membahas persiapan pelantikan.

Pilkada Kota Sorong dimenangkan pasangan petahana yakni Lambert Jitmau-Pahimah Iskandar, Kabupaten Sorong dimenangkan Johny Kamuru-Suko Harjono dan Maybrat oleh pasangan Bernard Sagrim-Paskalis Kocu.

Mereka akan segera memegang komando pemerintahan untuk membangun daerah pada masa lima tahun kedepan. (ibn)

 

Tinggalkan Balasan