Gubernur Papua Barat Abraham Atururi. | CAHAYAPAPUA.com | Toyiban

Tiga Masalah Penting Ini Disampaikan Bram ke Jokowi di Bogor

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com Gubernur Papua Barat Abraham O. Atururi membocorkan apa-apa saja yang disampaikannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat pertemuan gubernur seluruh Indonesia dengan Presiden di Istana Bogor beberapa waktu lalu.

Pada saat itu, seluruh Gubernur diberi kesempatan menyampaikan tiga masalah penting yang dihadapi masing-masing daerah. Karena waktu yang terbatas, setiap Gubernur hanya diberi waktu 3 menit untuk menyampaikan permasalahan yang dialami.

Berikut tiga hal penting yang diutarakan Bram, panggilan karib Gubernur langsung ke Presiden Jokowi. Pertama, terkait LNG Tangguh. Bram ingin gas yang dihasilkan LNG Tangguh menjadi sumber energi untuk pembangkit listrik yang menjangkau seluruh tanah Papua.

“Saya sampaikan LNG Tangguh itu bagaimana supaya seluruh Papua ini bisa terang (listrik),“ kata Bram saat memberi sambutan sebelum meresmikan rumah jabatan Bupati Manokwari di Jalan Sarinah Manokwari, Senin siang, (1/12/2014).

Kedua, terkait program tol laut yang dicanangkan Presiden Jokowi. Pemerintah pusat rencananya akan membangun banyak pelabuhan baru mulai dari Sumatera hingga Papua dalam upaya memperlancar transportasi laut baik untuk angkutan orang maupun barang untuk menekan harga barang yang tinggi seperti yang terjadi di Papua.

“Saya sampaikan kita siapkan pelabuhan terakhir kita di Sorong. Untuk Papua Barat kita punya di Sorong. Saya sampai dimarahi gubernur Maluku juga NTT, mereka protes kenapa tidak lewat di sana dulu, “ lanjut Bram disambut tawa para undangan yang hadir.

Adapun masalah ketiga yang disampaikan Gubernur adalah perihal pabrik semen di Maruni Manokwari. Bram ingin, pemerintah pusat mendukung pembangunan pabrik semen Maruni guna menekan harga semen yang tinggi di Papua juga mempermudah pembangunan infrastruktur.

“Saya harus siap-siap kasih jawaban, karena Bapak Presiden Jokowi akan datang ke Papua di Jayapura pada 27 Desember nanti, “ imbuh purnawiran TNI-AL berpangkat Brigadir Jenderal ini. |ZACK TONU BALA

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan