Ribuan liter miras oplosan yang ditangkap dari pulau Kaki, Pantura, Manokwari saat diamankan di Polres Manokwari baru-baru ini.

Tiga Oknum Polisi Terlibat Penyundupan Ribuan Liter Miras ke Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kepala Kepolisian Resor Manokwari Ajun Komisaris Besar Polisi Jhonny E Isir memastikan, tiga anggota kepolisian Manokwari terlibat dalam kasus penyelundupan ribuan minuman keras cap tikus ke Manokwari yang digagalkan akhir bulan lalu di pulau Kaki, Manokwari.

“Ada tiga orang anggota Polres terlibat disitu. Kita tangkap serta kita proses. Ini bukti bahwa kita betul-betul komitmen memberantas miras di Manokwari,” kata Kapolres kepada kepada wartawan di ruang kerjanya kemarin.

Kapolres mengatakan, tiga anggota polisi yang terlibat dalam penyelundupan tersebut adalah RM, OK dan JS. Ketiganya telah menyerahkan diri kepada kepolisian bersama salah satu tersangka OKO alias Joko Wanma baru-baru ini. Joko Wanma yang diduga sebagai pemilik miras tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka.

Ia menegaskan akan tetap menindak para anggotanya tersebut bahkan jika masih ada yang ketahuan membantu penyelundupan miras ke daerah ini, ia tak segan untuk menangkap mereka dan akan ditindak tegas.

“Masyarakat saja kita tindak, kok anggota kita dibiarkan. Itu namanya pilih kasih. Jadi kalau ada masyarakat yang tahu informasi ada anggota yang terlibat, tolong informasikan kepada saya. Biar saya tindak,” tegas Kapolres.

“Anggota yang dibelakang (backup aktivitas miras), sama halnya dia menari-nari diatas kerja kita. Menari-nari diatas keresahan masyarakat. Maka orang-orang ini harus kita proses,” lanjutnya.

Isir mengatakan pihaknya masih bekerja untuk mendalami pihak-pihak yang berada dibalik penyelundupan miras oplosan tersebut. Polisi telah mendapai fakta bahwa nama-nama yang sudah diketahui berperan sebagai pemodal, distributor hingga pengedar.

Akhir Agustus lalu, tim Opsnal Polres Manokwari dibantu Satuan Reserse Mobil Brimob Manokwari mengagalkan penyelundupan ribuan liter miras ke Manokwari dari Kabupaten Bitung di pulau Kaki, Pantai Utara Manokwari pada malam hari.

Ribuan liter miras cap tikus yang dibawa kapal KM Yaffe tersebut dikemas dalam 3136 botol air meniral berukuran 1500 mili liter dan didalam 182 galon air berukuran 20 liter. Para tersangka dijerat pasal 204 ayat 1 KUHP serta pasal 135 Undang-Undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan. | ADITH SETYAWAN