Kapal Pelni Ciremai

Tiket kapal laut dari Manokwari ke Indonesia Barat habis

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Antusiasme warga Manokwari memanfaatkan momentum lebaran untuk pulang kampung alias mudik menggunakan jasa transportasi laut, sangat besar. Di loket PT. Pelni, tiket kapal laut sudah habis terjual sejak 2 pekan lalu.

Tiket yang ludes tersebut antara lain untuk rute pelayaran dari Manokwari menuju Sorong, Bitung, Ambon, Ternate, Bacan, Luwuk Banggai, Baubau, Makassar, Surabaya dan Jakarta.

Padahal, PT Pelni Manokwari sudah mendapatkan kuota tiket tambahan dari PT Pelni Pusat.

Meski demikian, ucap Kepala Pelni Cabang Manokwari, Arief Saleh, Selasa (6/6) kepada Cahaya Papua, pihaknya masih menyediakan tiket khusus untuk ruas pelabuhan tertentu.

“Kami juga kembali meminta tambahan tiket, namun saat ini belum terkabulkan,” kata Arief di ruang kerjanya.

Sebelumnya, untuk mengantisiapsi lonjakan penumpang pada puncak arus mudik, kementrian perhubungan menambah quota sebesar  60 persen dari biasanya.

Berdasar pantauan, menyusul habisnya tiket, loket penjualan di kantor Pelni yang biasanya dipenuhi calon penumpang kini sepi pengunjung. Mereka yang datang ke kantor PT Pelni hanya untuk membeli tiket tujuan Jayapura, Biak dan Serui yang masih tersedia.

PT Pelni menyediakan 5 kapal diantaranya KM Sinabung, KM Tidar, KM Gunung Dempo, KM Ceremai dan KM Labobar untuk mengangkut para pemudik. Kapasitas atau daya tampung tiap kapal sekitar 3.000 penumpang. (one)

Tinggalkan Balasan