ILUSTRASI PUNGLI

Tim Saber Ingatkan SKPD Cegah Pungli

SORONG, Cahayapapua.com— Wakil Ketua Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Sorong, Abdul Rahim Oeli mengingatkan dan mengimbau jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintahan Kota Sorong untuk dapat mencegah perilaku pungli. Imbaun itupun berlaku untuk masyarakat.

“Lawan Pungli sudah menjadi gerakan nasional. Karena itu, kita semua harus bertekad untuk membersihkan pungli. Hari ini kita lakukan rapat koordinasi pencegahan pada institusi-institusi pemerintahan supaya pungli tidak terjadi, dan yang sudah terjadi agar tak terulang,” ungkapnya usai rapat koordinasi tim saber pungli, Selasa (7/2) di Ruang Anggrek Kantor Walikota Sorong.

Menurutnya, pungli telah menjadi penyakit kronis dan telah terjadi dimana-mana, untuk itu tim saber pungli melakukan rapat kordinasi tindakan awal yakni pencegahan terhadap adanya pungli tersebut.

Sebagai langkah awal untuk membantu pencegahan pungli, lanjutnya, rapat koordinasi yang juga dihadiri Sekda Kota Sorong dan pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintahan Kota Sorong tersebut akan ditindaklanjuti dengan sosialisasi di masing-masing SKPD.

“Kita semua harus bersinergi, antar pemerintah daerah, TNI, dan Kejaksaan. Masyarakat juga harus berani menolak adanya pungli. Misalnya pemerintah tegaskan bahwa pelayanan publik tidak bayar, masyarakat jangan bayar. Kalau kemudian masyarakat masih memberi, itu artinya tidak mendukung pencegahan pungli,” tandasnya.

Dikatakannya, Tim Saber Pungli akan turun dan mengawasi adanya pungli. Dan diharapkannya, seluruh pegawai agar tetap melakukan pelayanan prima dan bekerja sesuai tupoksi masing-masing.

“Ingat, Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pelayan, jadi kita wajib melakukan pelayanan yang baik kepada masyarakat sesuai tugas dan fungsi kita sebagai ASN,” pungkasnya. (NSR)

Tinggalkan Balasan