Brigjen Pol Petrus Waine

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Menjelang kunjungan orang nomor satu di Kepolisian RI, desakan publik untuk melantik putra Papua Brigjen Polisi Petrus Waine sebagai Kapolda Papua Barat, kembali menggema.

Kapolri rencananya berkunjung ke Manokwari untuk meresmikan gedung Polda Papua Barat yang berlamat di Andai, pada tanggal 28 Januari 2018 mendatang.

Elemen masyarakat yang menamakan diri Parlemen Jalanan (Parjal) yang menggelar demonstrasi di kantor Kejari Manokwari, Rabu (24/1), mendesak Kapolri Tito Karnavian mengangkat Petrus Waine sebagai Kapolda Papua Barat. Petrus saat ini bertugas di Mabes Polri setelah melepas jabatan sebagai Wakapolda Papua Barat tahun 2017 lalu.

Parjal menyatakan tidak bermaksud mengintervensi aturan yang ada ditubuh Korps Bhayangkara namun mereka menekankan bahwa Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) mengamanatkan bahwa, “Siapapun putra/putri terbaik Papua yang ada di Korps Kepolisian atau TNI wajib dipromosikan”.

“Beliau (Petrus) sudah mendapat pangkat Brigjen atau bintang 1, (lalu) kenapa tidak dilantik sebagai Kapolda Papua Barat,” kata koordinator Parjal Ronald Mambieuw.

“Diantara semua yang disortir, kami mohon kepada bangsa dan negara agar memberikan ruang kepada bapak Petrus Waine yang kurang lebih 2 atau 3 tahun kedepan akan pensiun. Alangkah indahnya beliau diberi penghargaan, maka kami dari Parlemen Jalanan sangat menghormati itu,” ujar Ronald. (cr-81/82)

 

Leave a Reply