Kapolri Jenderal Tito Karnavian, didampingi Kadiv Propam Mabes Polri, Brigjen Pol Martuani Sormin Siregar dan Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Rudolf Alberth Rodja, serta sejumlah pejabat utama Polda setempat, saat diwawancarai awak media, Minggu. Kapolri tiba di Manokwari untuk memantau langsung perkembangan pembangunan Mapolda Papua Barat.

Tito: Gedung Mapolda simbol modernisasi masyarakat Papua Barat

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, bahwa gedung Mapolda Papua Barat yang baru saja dibangun merupakan wujud modernisasi masyarakat Papua Barat.

Pernyataan ini diungkapkan Tito dihadapan sejumlah awak media saat mengunjungi langsung bangunan baru Mapolda Papua Barat, yang berada Arfai Manokwari, Minggu kemarin.

Menurutnya, pembangunan Mapolda di lokasi tersebut, selain bakal mendorong peningkatan ekonomi masyarakat setempat, juga akan memberikan jaminan keamanan suatu wilayah.

“Selain menjadi kebanggaan kami, gedung Mapolda ini sebagai wujud modernisasi  masyarakat Papua Barat khusunya di Manokwari,” ujar Tito yang didampingi Kadiv Propam Mabes Polri, Brigjen Pol Martuani Sormin Siregar dan Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Rudolf Alberth Rodja serta sejumlah pejabat utama Polda Papua Barat.

Tito juga mengatakan, Mapolda yang dibangun di atas lahan seluas 30 hektar dengan luas bangunan yang menggunakan lahan 12 hektar lebih, merupakan Mapolda terbesar di Indonesia.

Kemudian ia menyebutkan,meskipun gedung utama Mapolda ini telah mencapai 95 persen, namun peresmiannya direncanakan antara akhir September atau awal November mendatang. “Peresmiannya kita rencanakan kalau nggak akhir September atau awal November,” terang mantan Kapolda Papua ini.

Tito menambahkan, sebagai pelengkap, pihaknya tengah mempersiapkan pembangunan Rumah Sakit Bhayangkaradi lokasi setempat, yang nantinya dapat digunakan baik internal Polri maupun masyarakat umum.

“Disamping Mapolda, kita akan bangun Rumah Sakit Bhayangkara yang ukurannya besar, sehingga bisa membantu masyarakat umum juga,” tutur dia.

Sebelumnya, Kapolri beserta rombongan tiba di Bandara Rendani Manokwari pada Sabtu menggunakan Pesawat Jet Carteran. Rombongan disambut langsung Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Kasdam XVIII/Kasuari dan Kepala BIN Papua Barat serta sejumlah Pejabat Utama Polda. (mar)

Tinggalkan Balasan