Panen kedua padi diatas lahan seluas delapan (8) hektar milik kelompok tani yang dipimpin Demitrius Moktis, di Kampung Sidey Pantai Distrik Sidey baru-baru ini. Toyiban/Cahaya Papua

Manokwari, Cahayapapua.com— Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat menginginkan petani padi di Manokwari, Papua Barat, bisa sukses layaknya petani di wilayah Jawa.

Wakil Asisten Perencanaan Kodam XVIII/Kasuari Letkol Inf Andi Parulian pada acara lepas sambut dirinya kepada Dandim baru Kodim 1703/Manokwari, Sabtu (3/3) mengatakan, pemerintah telah melaksanakan program cetak sawah di Manokwari dengan melibatkan TNI-AD.

Menurutnya, program tersebut seyogyanya dimanfaatkan secara maksimal agar memberi dampak besar bagi produksi beras serta kesejahteraan petani.

“Di Jawa para petani menyewa lahan untuk tanam padi. Mereka bisa sukses meskipun mengeluarkan biaya besar. Disini masyarakat tidak perlu sewa, cetak sawah pun dilaksanakan secara gratis,” kata Parulian.

Pria yang baru beberapa hari melepas jabatan Dandim itu mengatakan, pemerintah mengucurkan anggaran begitu besar terhadap untuk menggenjot produksi pertanian di Manokwari. Selain cetak sawah, peralatan mesin pertanian untuk mempermudah kerja petani.

“Di Kodim pun, kami sudah menyiapkan banyak alsintani. Petani yang mau meminjam dipersilahkan,” kata dia lagi.

Menurutnya, secara teknologi petani Manokwari tidak kalah dengan petani di wilayah Jawa. Pemerintah sudah membantu peralatan pertanian secara lengkap dari alat bajak, mesin tanam hingga mesin panen.

Ia berharap, ada petani padi dari kalangan masyarakat asli Papua yang sukses pada bidang ini. Dengan demikian ia menjadi motivator bagi masyarakat Papua yang lain.

“Di Sidey sudah ada, seorang anak Papua bernama Demitrius Moktis mengawali usaha pertanian padi dari nol. Tidak tahu apa-apa dan sekarang dia sudah menikmati hasil dari beberapa kali panen yang dilakukan,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Parulian berharap Dandim baru Letkol Inf Hendriek Paulus Mote melanjutkan program pendampingan pertanian yang sudah ia kerjakan. |Toyiban

 

 

Leave a Reply