TNI AL tingkatkan patroli di perairan Papua Barat

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) meningkatkan patroli untuk mencegah masuknya pelaku teroria melalui wilayah perairan laut Papua Barat. Danlantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol di Manokwari, Rabu (5/7) mengatakan, jajarannya siap mengamankan setiap ancaman dan gangguan  di laut Papua Barat. 

“Sesuai tugas dan fungsi Angkatan Laut, kami wajib mengamankan wilayah perairan dari segala bentuk gangguan. Patroli rutin sudah kami laksanakan dan akan terus ditingkatkan,” katanya.

Dia mengutarakan, sesuai kewenangan dan wilayah kerja yang dimiliki TNI AL berperan aktif untuk mencegah berkembangnya paham radikalisme dan serangan kelompok teroris.

Aksi teror yang terjadi di beberapa daerah Indonesia menjadi perhatian setius pemerintah. Pihaknya pun memberi perhatian serius terhadap persoalan tersebut.

Lantamal XIV, kata dia, berusaha keras agar perairan Papua Barat tidak menjadi pintu penyeberangan bagi kelompok teroris menuju wilayah tersebut.

“Kita mendukung pemerintahan untuk menciptakan rasa aman. Mencegah dan mengatasi segala macam gangguan. Tentu wilayah kami adalah perairan, kita harus memastikam laut Papua Barat steril,” sebutnya.

Dia menambahkan, sesuai prosedur patroli perairan dilakukan secara rutin dengan mengoptimalkan alutsista yang dimiliki. Pihaknya juga rutin berkootdinasi dengan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) yang berpangkalan di Biak, Papua.

Sejauh ini, ujarnya menjelaskan, perairan Papua Barat relatif aman. Meskipun demikian, pihaknya terus waspada agar tidak kecolongan. (ibn)

Tinggalkan Balasan