ilustrasi-pembunuhan

Tokoh Masyarakat di Sorong Desak Polisi Tangkap Pembunuh Glen

SORONG, CAHAYAPAPUA.com– Salah satu Tokoh Masyarakat (Tomas) suku Key, Mohammad Sanusi Rahangningmas mendesak Polres Sorong Kota agar segera menangkap pelaku pembunuhan salah satu warga Key bernama Glen, yang terjadi di Supermarket Saga, Kota Sorong pada beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dalam mengungkap kasus pembunuhan, Polres Sorong Kota dinilai lambat, padahal sejumlah alat bukti dengan jelas ada. “Alat buktinya sudah ada kok, mau pakai alasan mana lagi, coba minta pihak Saga untuk memutar ulang, saksi mata juga banyak, kenapa tidak bisa tangkap pelakunya,” tegas Sanusi.

Lebih lanjut anggota DPR Provinsi Papua Barat ini menambahkan, jika Polres Sorong Kota tidak menangkap para pelaku, alangkah baiknya Kapolda Papua Barat copot jabatan Kapolres Sorong Kota, AKBP. Karimudin Ritonga, S.Ik dan menggantikannya dengan Kapolres lainnya yang mampu menyelesaikan segala persoalan kriminal di Kota Sorong.

Selain itu, menurut pengamatan Sanusi, dalam penempatan jabatan seorang anggota Polisi di wilayah hukum Polres Sorong Kota, tidak pada porsi serta pangkat dan jabatannya. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kualitas kerja anggota tersebut dalam mengayomi masyarakat.

“Kita tidak intervensi tapi yang saya amati dari Kapolres sebelumnya, baru kali ini saya lihat ada penempatan anggota Polisi yang tidak sesuai dengan jabatannya, inikan nanti pengaruh terhadap kinerja orang itu, pastinya masyarakat yang merasa rugi, ingat bahwa Polisi adalah pengayom masyarakat” kata Sanusi.

Kapolres Sorong Kota AKBP. Karimudin Ritonga, S.Ik yang di Konfirmasi Wartawan, belum memberikan keterangan terkait masalah ini. Sebelumnya Kapolda Papua Barat  Brigjen. Royke Lumoa pernah berjanji akan mendesak Kapolres Sorong Kota untuk menuntaskan kasus tersebut agar ada Efek jerah bagi pelaku-pelaku “Saya akan desak dan saya sering memantau kasus itu, dan saya akan Efaluasi kinerja mereka,” pungkasnya. |NASIR|EDITOR : BUSTAM