Pelabuhan Manokwari.

TOL LAUT: Kualitas dan Kapasitas Layanan Pelabuhan Manokwari Ditingkatkan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com -— PT Pelindo kini gencar memperbaiki sejumlah fasilitas layanan di kawasan pelabuhan Manokwari. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan di kawasan ini sekaligus untuk menunjang program ‘tol laut’ yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Menurut General Manager PT Pelindo Manokwari, John Lapod, esensi program tol laut adalah terciptanya situasi dimana distribusi barang via angkutan laut tidak terganggu, lancar dan volumenya sesuai dengan kebutuhan.

Jika visi itu terwujud maka biaya logistik bisa ditekan, barang bisa sampai ke masyarakat dan dengan sendirinya disparitas harga barang akibat tingginya biaya logistik dan lambannya distribusi bisa teratasi. “Situasi itu akan menurunkan harga barang,” ucapnya kepada Cahaya Papua, Selasa (21/9/2015).

Kini pihaknya sedang melakukan perbaikan lapangan penumpukan barang; memperbaiki dermaga dan memodernisasi 2 alat bongkar muat fix crane.

Menurut John, perbaikan dermaga akan mengurangi waktu tunggu di pelabuhan. Sementara perbaikan lapangan dan modernisasi fix crane dilakukan untuk meningkatkan produktivitas bongkar muat barang dan peti kemas.

“Produktivitas kami sejauh ini adalah 13 box peti kemas per jam. Dengan adanya modernisasi dan perbaikan fasilitas kita harapkan terjadi peningkatan hingga 25 box per jam. Target kami, ini mulai terjadi pada triwulan 2 tahun 2016, saat fasilitas ini dioperasikan,” jelasnya.

Selain itu pada awal tahun 2016 PT Pelindo Manokwari akan menambah dermaga sepanjang 75 meter tepat di belakang kantor DPRD Papua Barat. “Sekarang kami sedang mengurus Amdal proyek ini,” terangnya.

Dalam perspektif PT Pelindo Manokwari, kapasitas seluruh proyek ini diyakini cukup untuk melayani aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan Manokwari setidaknya 25 tahun kedepan.

PT Pelindo memiliki peran strategis dalam upaya merealisasikan gagasan tol laut. Urgensi PT Pelindo adalah karena institusi ini adalah badan usaha kepelabuhanan yang berfungsi melaksanakan kegiatan pengusahaan pelabuhan. Di Manokwari, layanan PT Pelindo mencakup pelayanan kapal, pelayanan barang dan pelayanan terminal penumpang. |PATRIX B. TANDIRERUNG