ilustrasi

Tragedi Deiyai, aktivis Manokwari akan gelar aksi 1000 lilin

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Sejumlah aktivis Manokwari akan menggelar aksi 1000 lilin pada hari ini, terkait tragedi Deiyai 1 Agustus lalu, yang berujung tewasnya 1 orang warga sipil dan melukai sejumlah warga.

“Besok (Rabu) malam sekitar pukul 09.00 WIT, kita adakan aksi 1000 lilin, sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas, sekaligus bentuk protes kami atas peristiwa itu,” kata Ketua Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Papua, Hugo Asrouw, Senin (7/8).

Dia mengatakan, selain pembakaran lilin, aksi tersebut akan diisi dengan pembacaan puisi dan mimbar pidato ilmiah.

Menurutnya aksi ini juga mendapat dukungan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua Barat, Dewan Adat Papua (DAP)Wilayah III Doberai, Lembaga Masyarakat Adat Papua Barat dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)Universitas Papua (Unipa).

Dia menegaskan tujuan utama dari aksi tersebut untuk mempertanyakan sikap pemerintah, terkait perkembangan penyelesaian kasus-kasus dugaan pelanggaran HAM di Papua.

“Kita ingin menyuarakan, bahwa di Papua telah terjadi berbagi dugaan kasus pelanggaran HAM yang hingga kini tidak diselesaikan.

Pemerintah (juga) harus segera menyelesaikan dugaan pelanggaran HAM berat di Deyai yang terjadi baru-baru ini, sesuai hukum yang berlaku,” pungkasnya. (tnj)

Tinggalkan Balasan