Korban tragedi Wina. Tim kesehatan jamaah haji Papua Barat menyatakan tak ada jamaah haji asal Papua Barat yang menjadi korban dalam tragedi mina di Arab Saudi. |Foto: Ist

Tragedi Mina, Tak Ada Korban Jiwa dari Papua Barat

JAKARTA, CAHAYAPAPUA.com-– Ketua tim kesehatan yang mendampingi jemaah haji Provinsi Papua Barat, Salkamal menyatakan, tidak ada satu jemaah haji dari Papua Barat yang menjadi korban tragedi Mina.

“Insiden itu terjadi sekitar 07.00 Waktu Arab Saudi. Tidak ada korban jemaah Papua Barat karena lokasi tersebut bukan jalur yang dilalui jemaah Indonesia menuju lontar jumrah,” kata Salkamal, Kamis (24/9/2015).

Ia mengatakan, musibah tersebut juga melukai sedikitnya 450 jemaah. Namun setelah dicek di Rumah Sakit Mina tidak ditemukan satupun jemaah Papua Barat yang terluka.

“Alhamdulillah semua jemaah haji asal Papua Barat yang sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah Almukaramah dalam keadaan sehat,” ujarnya.

Empat jemaah haji asal Papua Barat yang terluka akibat musibah jatuhnya alat berat “crane” pun dalam keadaan sehat dan dapat menjalani ibadah haji dengan baik hingga saat ini.

Ia menyampaikan, sebagian jemaah haji asal Provinsi Papua Barat juga mengalami infeksi saluran pernapasan (Ispa) dan gastritis namun dapat di atasi oleh tim medis.

“Jemaah haji asal Papua Barat tersebut disarankan menjaga kebersihan tubuh serta diberi masker agar terhindar dari virus MERS,” ujarnya. |TAR | INILAH