Triwulan ketiga, penyerapan APBD Bintuni 2017 baru 20 persen

BINTUNI, Cahayapapua.com— Sudah masuk triwulan ketiga tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni nyatanya masih sangat rendah dalam hal penyerapan anggaran, yakni masih berkisar 20 persen.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Ali Ibrahim Bauw, Rabu (26/7) mengatakan, rendahnya penyerapan anggaran dikarenakan belum banyak pekerjaan fisik yang dikerjakan.

Dia menargetkan sampai dengan pembahasan APBD Perubahan penyerapan anggaran diperkirakan sudah  mencapai 50 persen.Sementara target diakhir tahun penyerapan diupayakan capai 80 persen.

“Biasanya itu SKPD-SKPD besar melakukan penyerapan anggaran pada tiga bulan akhir, Oktober, November, Desember. Yang belum jalan DAK (dana alokasi khusus) dan lain-lain. Kalau rutin tetap berjalan dan DAU (dana alokasi umum) yang sudah jalan,” kata Kepala BKAD di ruang kerjanya.

Untuk DAK fisik yang plot anggarannya berada di Dinas Pekerjaan Umum, lanjut dia, anggaran tahap pertama  sudah cair dan pekerjaanya sedang berjalan. Pihaknya saat ini sedang mempersiapkan laporan pertanggungjawaban sebagai persyaratan pencaiaran tahap ke dua.

Tahun 2017, Pemda Teluk Bintuni mendapatkan anggaran DAK sekitar Rp. 200 miliar, nilai ini mengalami penurunan dari tahun lalu namun penurunannya tidak sampai angka 10 persen. (art)

 

Tinggalkan Balasan